F1 GP Portugis: Mercedes Ubah Kontrol Elektronik Terkait Masalah Bottas
F1 GP Portugis: Mercedes Ubah Kontrol Elektronik Terkait Masalah Bottas

F1 GP Portugis: Mercedes Ubah Kontrol Elektronik Terkait Masalah Bottas

F1 GP Portugis: Mercedes Ubah Kontrol Elektronik Terkait Masalah Bottas

Mercedes telah mengubah kontrol elektronik pada unit daya kedua mobil Formula 1 sebagai tanggapan atas kegagalan komponen Valtteri Bottas di Eifel Grand Prix. Bottas terpaksa mundur dari balapan di Nurburgring dua pekan lalu setelah mengalami kehilangan tenaga karena masalah pada unit dayanya. Mercedes awalnya percaya bahwa kesalahan itu terkait dengan MGU-H. Namun, dikonfirmasi awal pekan ini, masalah itu telah didefinisikan sebagai masalah listrik.

Mercedes mengonfirmasi menjelang latihan hari Jumat untuk Grand Prix Portugis di Portimao bahwa kegagalan tersebut telah didiagnosis lebih lanjut dalam elektronik kontrol pada unit daya Bottas. Alhasil, kedua mobilnya akan mengambil kendali elektronik baru untuk balapan akhir pekan ini di Portugal.

Juru bicara Mercedes pada Kamis malam, 22 Oktober mengatakan, “Kegagalan Valtteri di Jerman terletak pada komponen kelistrikan yang gagal di kontrol elektronik. Dia dan Lewis akan mengambil modul baru akhir pekan ini, dan kami juga telah melakukan perubahan kalibrasi untuk menghindari pengulangan. Ini modul kedua untuk kedua pengemudi, jadi dalam alokasi yang diizinkan.”

Ini hanya komponen elektronik kontrol kedua yang digunakan oleh kedua pembalap musim ini. Sehingga, tidak akan ada penalti grid untuk perubahan tersebut karena mereka berada di bawah batas musim.

Namun, belum dikonfirmasi apakah masalah tersebut akan memaksa penggantian elektronik kontrol pada semua unit tenaga Mercedes di seluruh jaringan F1. Racing Point dan Williams juga didukung oleh Mercedes.

Pembalap Racing Point Sergio Perez dan Lance Stroll sama-sama sudah berada di batas musim dua kontrol elektronik, seperti Nicholas Latifi dari Williams. Artinya, setiap part baru untuk ketiga pembalap ini akan memicu penalti grid.

Kemunduran bagi Bottas di Nurburgring memberikan pukulan lain bagi harapan gelar F1 yang memudar saat rekan setimnya Hamilton meraih kemenangan grand prix ke-91.

Terbaru  FIA Periksa Motif Dibalik Tulisan Kaos Hamilton di Grand Prix Tuscan

Pengunduran diri tersebut menyebabkan defisit Bottas terhadap Hamilton bertambah menjadi 69 poin dengan enam balapan tersisa di musim ini. Pembalap Finlandia itu mengakui bahwa dia membutuhkan keajaiban untuk membalikkan keadaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *