Hasil MotoGP Aragon 2020: Duo Alex Menang, Bencana Bagi Quartararo
Hasil MotoGP Aragon 2020: Duo Alex Menang, Bencana Bagi Quartararo

Hasil MotoGP Aragon 2020: Duo Alex Menang, Bencana Bagi Quartararo

Hasil MotoGP Aragon 2020: Duo Alex Menang, Bencana Bagi Quartararo

Keunggulan poin Quartararo berada pada 10 poin di depan putaran ini. Namun, ia justru mendapatkan hasil terburuknya pada MotoGP Aragon. Dengan posisi pole, perlahan tapi pasti, Quartararo merosot ke belakang hingga di urutan ke-18. Tanpa diduga, duo Alex yaitu Alex Rins dan Alex Marquez menduduki posisi pertama dan kedua memenangkan balapan.

Franco Morbidelli mendapatkan holeshot di tikungan pertama. Pembalap Petronas SRT itu melebar dan membiarkan Maverick Vinales dan Quartararo bergerak. Vinales menggunakan keunggulan cengkeraman awal dari ban depan lembutnya untuk menempatkan tujuh persepuluh siang hari antara dirinya dan Quartararo. Sementara Rins melompat dari posisi 10 ke posisi keempat.

Quartararo menahan serangan dari rekan setimnya Morbidelli di Tikungan 12 pada lap pembuka, dengan kecepatan yang terakhir dengan cepat menurun dan Rins segera menemukan jalan keluar. Selisih keunggulan sedikit berkurang menjadi setengah detik. Tetapi serangan Rins terus berlanjut dan dia memanfaatkan ketika pemain Prancis itu melebar di tikungan terakhir pada akhir putaran kelima untuk menempati posisi kedua.

Quartararo berulang kali berlari melebar di dua tikungan terakhir dan kecepatannya memburuk secara signifikan selama 10 tur berikutnya. Pembalap Petronas itu kehilangan poin di urutan ke-17 pada lap ke-15.

Rins memimpin dari Vinales di tikungan terakhir pada lap delapan. Pembalap Yamaha itu jatuh ke dalam cengkeraman saudari Suzuki dari Mir setelah pergumulan singkat lima tur kemudian. Keunggulan Rins adalah 1,1 detik setelahnya, tetapi Mir mampu menutup jarak dengan Marquez di belakangnya. Pembalap Honda itu melaju dari urutan 11 di grid.

Keunggulan Rins turun menjadi lebih dari enam persepuluh pada lap ke-15. Namun, tantangan kemenangan Mir akan sia-sia dan dia tidak berdaya untuk menghentikan Marquez masuk pada lap ke-18.

Terbaru  MotoGP Ceko 2020: Cengkeraman YZR-M1 Vinales Bermasalah, Merosot ke Posisi 14

Marquez, yang mengambil podium debutnya di balapan basah Le Mans pekan lalu, mengatakan pada hari Sabtu bahwa mimbar bukanlah target sebenarnya. Tapi begitu jelas dari Mir, dia dengan cepat mengejar Rins dan menambah tekanan. Rins tidak membuat kesalahan di lap terakhir dan memiliki cukup waktu untuk mengalahkan Marquez dengan selisih 0,263 detik di garis finis untuk menjadi pemenang kedelapan yang berbeda pada tahun 2020.

Kecepatan Mir menurun di lap terakhir tetapi tidak cukup untuk memungkinkan Vinales kembali naik podium. Pembalap Suzuki itu sekarang memimpin klasemen untuk pertama kalinya dengan enam poin. Vinales hanya terpaut 12 poin dari keunggulan klasemen setelah finis keempat, dengan Takaaki Nakagami melengkapi lima besar dengan LCR Honda-nya di depan Morbidelli.

Andrea Dovizioso bangkit dari urutan ke-13 di grid ke urutan ketujuh. Penderitaan Quartararo yang berarti pebalap Ducati itu sekarang hanya terpaut 15 poin dari posisi puncak klasemen. Cal Crutchlow dengan motor sister LCR membuntuti rumah Dovizioso setelah start yang mengejutkan dari posisi ketiga. Sedang, Jack Miller dari Pramac menyundul Johann Zarco dari Avintia untuk melengkapi 10 besar. Quartararo benar-benar bencana karena finis di urutan ke-18 dari posisi pole saat start.

Hasil Balapan MotoGP Aragon 18 Oktober 2020:

  1. Alex RINS – SPA – Team SUZUKI ECSTAR
  2. Alex MARQUEZ – SPA – Repsol Honda
  3. Joan MIR – SPA – Team SUZUKI ECSTAR
  4. Maverick VIÑALES – SPA – Monster Energy Yamaha
  5. Takaaki NAKAGAMI JPN LCR Honda
  6. Franco MORBIDELLI – ITA – Petronas Yamaha SRT
  7. Andrea DOVIZIOSO – ITA – Ducati
  8. Cal CRUTCHLOW – GBR – LCR Honda
  9. Jack MILLER – AUS – Pramac Racing
  10. Johann ZARCO – FRA – Esponsorama Racing DUCATI
  11. Brad BINDER – RSA – Red Bull KTM Factory Racing
  12. Pol ESPARGARO – SPA – Red Bull KTM Factory Racing
  13. Aleix ESPARGARO – SPA – Aprilia Racing
  14. Iker LECUONA – SPA – Red Bull KTM Tech 3
  15. Danilo PETRUCCI – ITA – Ducati
  16. Miguel OLIVEIRA – POR – Red Bull KTM Tech 3
  17. Stefan BRADL – GER – Repsol Honda
  18. Fabio QUARTARARO – FRA – Petronas Yamaha SRT
  19. Bradley SMITH – GBR – Aprilia Racing
  20. Tito RABAT – SPA – Esponsorama Racing DUCATI
  21. Francesco BAGNAIA – ITA – Pramac Racing DUCATI
Terbaru  MotoGP Emilia Romagna 2020: Batal Podium, Quartararo Marah Dapat Penalti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *