MotoGP Prancis 2020: Bertarung Sengit dengan Miller, Quartararo Rebut Pole
MotoGP Prancis 2020: Bertarung Sengit dengan Miller, Quartararo Rebut Pole

MotoGP Prancis 2020: Bertarung Sengit dengan Miller, Quartararo Rebut Pole

MotoGP Prancis 2020: Bertarung Sengit dengan Miller, Quartararo Rebut Pole

Kualifikasi ditunda karena tumpahan minyak yang disebabkan oleh Tech 3 KTM Miguel Oliveira yang berakhir 13 menit memasuki FP4. Ketika Q2 akhirnya dimulai, Yamaha mengambil alih bagian atas timesheets seperti yang mereka lakukan di FP3 dan FP4. Formasi posisi Catalunya Franco Morbidelli mengatur kecepatan awal dengan 1 menit 32.393 detik.

Quartararo mengalahkannya beberapa saat kemudian dengan 1 menit 31.679 detik. Ia tingkatkan menjadi 1 menit 31.665 detik pada tur berikutnya. Francesco Bagnaia dari Pramac membagi pebalap Yamaha di baris depan sementara di urutan kedua setelah melewati Q1 bersama sesama pebalap Ducati Danilo Petrucci.

1 menit 31.665 detik Quartararo berada di bawah ancaman besar saat sesi berjalan memasuki dua menit terakhir. Andrea Dovizioso dari Ducati melompat ke posisi kedua sebelum Cal Crutchlow yang cedera meleset hanya 0,021 detik.

Jack Miller menggulingkan waktu Quartararo dengan 1 menit 31,537 detik di lap terakhirnya, tetapi Quartararo menerangi layar waktu pada upaya terakhirnya. Di bawah sepersepuluh saat ia memasuki sektor ketiga, pembalap tuan rumah Quartararo meraup putaran terakhir untuk menghasilkan 1 menit 31,315 detik untuk mengklaim pole pertamanya sejak GP Andalusia pada Juli dengan selisih 0,222 detik.

Miller bertahan di urutan kedua di depan Petrucci, yang mengamankan start barisan depan pertamanya sejak akhir pekan GP Italia 2019. Cal Crutchlow memimpin baris kedua di LCR Honda-nya meski masih menderita komplikasi dari operasi lengan kanannya pada Agustus. Sementara Maverick Vinales di Yamaha dan Dovizioso berbaris bersama.

Bagnaia mundur ke urutan ketujuh pada akhirnya di depan KTM Pol Espargaro dan Johann Zarco di Avintia Ducati. Valentino Rossi mengisi posisi pole di akhir pertandingan, tetapi hanya bisa menempati posisi ke-10 di Yamaha-nya di depan penentu kecepatan awal Morbidelli dan Oliveira.

Terbaru  Jadwal MotoGP 2020: Sisa Sembilan Seri, Bulan September Gelar Tiga Seri

Sabtu sulit bagi Mir yang berlanjut ke kualifikasi, setelah kecelakaan di FP3 membuatnya terdampar di Q1. Pembalap Suzuki itu memegang posisi Q2 di tahap penutupan Q1. Tetapi, 1 menit 32.187 detik-nya tidak cukup baik untuk menghentikan Bagnaia dari Pramac untuk menurunkannya. Selain itu, Takaaki Nakagami dari LCR memperburuk situasi dengan melompat ke posisi 13.

Posisi ke-14 Mir adalah kualifikasi terburuknya tahun ini dan ia akan bergabung di baris kelima oleh Aprilia Aleix Espargaro. Rekan satu tim Suzuki Alex Rins ini hanya menempati posisi ke-16 setelah mengalami kecelakaan lagi di FP4.

Sebuah kecelakaan akhir untuk Brad Binder di tangan kiri Musee menghentikan dia maju di 17 di KTM. Alex Marquez menyeret kembali ke 18 di Honda setelah tugas awal di dua besar. Bradley Smith dari tim Aprilia, Iker Lecuona dari Tech 3, Stefan Bradl dari Honda, dan Avintia Ducati dari Tito Rabat melengkapi lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *