FP3 MotoGP Prancis 2020: Quartararo Tercepat, Sejumlah Pembalap Berjatuhan
FP3 MotoGP Prancis 2020: Quartararo Tercepat, Sejumlah Pembalap Berjatuhan

FP3 MotoGP Prancis 2020: Quartararo Tercepat, Sejumlah Pembalap Berjatuhan

FP3 MotoGP Prancis 2020: Quartararo Tercepat, Sejumlah Pembalap Berjatuhan

Fabio Quartararo memimpin dalam latihan ketiga MotoGP Prancis yang dilanda pembalap berjatuhan. Sementara jatuhnya saingannya, Joan Mir, membuatnya merosot di posisi ke-12. Kondisi kering di FP3 membuat Quartararo menjadi penggerak besar pertama pada urutan gabungan saat ia start dari urutan 11 ke urutan ketiga.

Rekan setim Petronas SRT, Franco Morbidelli naik ke posisi kedua, sementara Valentino Rossi dalam pabrikan Yamaha naik ke urutan keenam. Dengan hanya tujuh menit sesi berlalu, Quartararo telah mengungguli 1 menit 34.356 detik Jack Miller dari FP2 dengan 1 menit 33.779 detik dan meningkat menjadi 1 menit 33.400 detik beberapa saat kemudian.

Yamaha menguasai bagian atas timesheets dari titik ini, dengan Quartararo melaju lebih cepat dengan 1 menit 33.301 detik sebelum Morbidelli unggul dengan 1 menit 33.279 detik.

Quartararo sekali lagi menurunkan rekan setimnya dengan urutan putaran terbaik sesi yang mencapai puncaknya dalam 1 menit 32,974 detik.

Pembalap Prancis itu kembali ke posisi teratas dengan 12 menit tersisa menyusul mantra singkat lainnya yang memimpin klasemen oleh Morbidelli, dengan Quartararo menurunkan kecepatan menjadi 1 menit 32,319 detik sementara sisanya membuat tawaran terakhir mereka untuk lolos langsung ke Q2.

Pangkuan Quartararo menjadi tolak ukur hingga akhir sesi, sementara Miguel Oliveira dari Tech3 KTM mengakhiri penantang terdekatnya 0,130 detik dengan upaya terakhir.

Morbidelli menyelesaikan tiga besar di depan Miller, yang menderita pukulan off-throttle yang buruk di tangan kanan Garage Vert pada putaran akhir di tahap penutupan.

Maverick Vinales awalnya melengkapi lima besar untuk Yamaha, tetapi turun ke posisi kedelapan karena lap terbaiknya dihapus karena dipasang di bawah bendera kuning. Perubahan itu mendorong Cal Crutchlow ke posisi kelima saat ia mengantongi tempat di Q2 di LCR Honda. Sebuah perbaikan terlambat untuk Avintia Johann Zarco keenam menjatuhkan Brad Binder KTM ke 11, sementara Rossi mengundurkan diri ke ketujuh setelah menabrak chicane Dunlop terlambat.

Terbaru  MotoGP Emilia Romagna 2020: Seperti Marquez, Stefan Bradl Mundur Karena Cedera

Dengan Vinales di urutan kedelapan, dia tetap di depan Pol Espargaro di KTM dan pabrikan Ducati dari Andrea Dovizioso sebagai pebalap terakhir yang mengantongi tempat langsung di Q2.

Mir menabrak Suzuki-nya di tikungan kedua dalam dua menit terakhir ketika ia kehilangan ujung depan tanpa peringatan saat pengereman, dengan perbaikan yang terlambat untuk pemain lain mendorongnya ke grup Q1 yang tidak stabil di urutan ke-12.

Dia akan bergabung dengan Danilo Petrucci dari Ducati dan rekan setimnya di Suzuki Alex Rins, yang kalah di 15 menit pertama FP3 karena kecelakaan di Dunlop chicane.

Francesco Bagnaia juga kehilangan tempat Q2 di Pramac Ducati, sementara pasangan Honda Alex Marquez berada di posisi ke-17 dan Stefan Bradl di posisi ke-21 juga terjatuh di FP3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *