Tes Sirkuit Baru, Rossi Sebut Motornya Bisa Terbang 3 Kali di Sirkuit Algarve
Tes Sirkuit Baru, Rossi Sebut Motornya Bisa Terbang 3 Kali di Sirkuit Algarve

Tes Sirkuit Baru, Rossi Sebut Motornya Bisa Terbang 3 Kali di Sirkuit Algarve

Tes Sirkuit Baru, Rossi Sebut Motornya Bisa Terbang 3 Kali di Sirkuit Algarve

Valentino Rossi baru saja menuntaskan sesi uji coba di Sirkuit Algarve, Portugal. Sebanyak 16 pembalap, dan 6 di antaranya pembalap penguji turun pada hari pertama tes di Sirkuit Algarve pada Rabu, 7 Oktober 2020. Sejumlah pembalap turun untuk menjajal sirkuit baru yang akan menjadi tuan rumah seri penutup MotoGP Portugal 2020 yang akan digelar pada 20-22 November.

Valentino Rossi, pembalap Monster Energy Yamaha tersebut menjadi salah satu pembalap yang ikut menjajal lintasan yang lebih akrab disebut Portimao tersebut.

Bersama rekan setimnya, Maverick Vinales, Rossi tidak menginginkan motor sport Yamaha R1M yang dipoles oleh motor balap tim pabrikan Yamaha. Perlu diketahui, pembalap dari pabrikan non-konsesi tidak diizinkan melakukan uji coba dengan motor balap mereka, kecuali saat tes resmi MotoGP.

Pembalap dengan julukan The Doctor sendiri cukup menikmati uji coba di Portimao. Rossi bahkan menilai sirkuitnya tak seseram yang dibayangkannya. Hal ini diungkapkan pada wawancara dengan MotoGP official. “Sirkuit ini sungguh bagus. Saya sangat populer karena di televisi terlihat sulit namun sebenarnya lebih baik.”

Jika dilihat, Sirkuit Algarve memiliki karakter yang unik. Sebut saja, sirkuit tersebut memiliki beragam elevasi ketinggian yang berbeda di hampir seluruh bagian sirkuit. Dengan tikungan cepat yang mudah ditemui, Rossi menyebut motornya seperti rollercoaster. Ia mendeskripsikan karakter trek yang dibuka pertama kali pada 2008 tersebut.

Sensasi bak menaiki rollercoaster meleset Rossi pada tes kali ini. Meski dirasa cukup mengerikan, pembalap senior beumur 42 tahun itu menikmati pengalamannya di Portimao. Bahkan, ia merasakan jika motornya terasa seperti terbang karena terangkat dari aspal.

“Itu karena treknya sulit, teknis, dan ada 3-4 titik yang cukup buruk karena Anda mendapatkan lompatan yang tinggi. Secara keseluruhan rasanya menyenangkan berkendara di sini dan saya sangat menikmatinya. Jadi sirkuit ini sangat bagus.”

Terbaru  MotoGP Prancis 2020: Petrucci Menangkan Balapan Basah Liar dari Marquez

Valentino memprediksi akan lebih sulit untuk membalap di Portimao dengan motor MotoGP. Tenaga yang lebih besar disebut Rossi akan menghentikan kesulitan untuk menghindari wheelie atau saat ban depan motor terangkat. Tentu saja, dengan motor MotoGP, akan lebih sulit karena kecepatannya lebih tinggi.

Pembalap sekaligus pemenang lima balapan GP Portugal itu menjelaskan, “Di 3-4 titik di mana Anda mengalami perubahan ketinggian yang besar, dengan motor MotoGP akan lebih susah untuk tetap bertahan di aspal.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *