Gabung ke Petronas Yamaha SRT MotoGP 2021, Rossi Dapat Keunggulan
Gabung ke Petronas Yamaha SRT MotoGP 2021, Rossi Dapat Keunggulan

Gabung ke Petronas Yamaha SRT MotoGP 2021, Rossi Dapat Keunggulan

Gabung ke Petronas Yamaha SRT MotoGP 2021, Rossi Dapat Keunggulan

Tentunya, Valentino Rossi telah mengumumkan bahwa dirinya telah bergabung di tim satelit Yamaha pada balapan musim depan. Jika dilihat, ada keunggulan yang menanti Valentino Rossi saat bergabung dengan tim Petronas Yamaha SRT di MotoGP 2021 tersebut.

Sekilas, bergabung dengan tim independen Petronas Yamaha SRT mungkin terlihat seperti penurunan karir seorang Valentino Rossi. Pembalap dengan julukan The Doctor hampir selalu memperkuat tim pabrikan sepanjang kariernya di MotoGP. Dalam 21 musim, The Doctor bermain di kelas premier. Dan, hanya di dua musim pertama Valentino tidak berseragam tim pabrik.

Bisa dikatakan, memperkuat tim pabrik memang memberikan keuntungan bagi pembalap. Salah satunya adalah tentang memperbarui komponen pada motor balapnya. Pembalap tim pabrik akan mendapatkan prioritas utama saat komponen baru tiba.

Hal ini tentunya dapat dipastikan terjadi dalam kasus Yamaha. Ketika para pembalap tim satelit, kecuali Fabio Quartararo, pada MotoGP 2020 ini, mereka harus puas berkompetisi dengan motor tua. Meski begitu, komponen terbaru tidak selalu memberikan dampak positif bagi sejumlah pembalap seperti otomatis melaju kencang di tengah kemacetan.

Di sini, lomponen baru justru bisa menimbulkan kebingungan di kalangan pebalap tim pabrikan. Sebut saja, Yamaha mengalami krisis pada 2017-2019. Berbagai perubahan gagal memberikan solusi bagi kedua pembalap andalannya, Maverick Vinales dan Valentino Rossi.

Berbagai komponen baru yang diuji membuat kedua pembalap, The Doctor dan The Top Gun kehilangan waktu untuk menyesuaikan diri dengan motor balap YZR-M1.

Alhasil, wajar saja bila keduanya kerap kalah bersaing dibanding pebalap tim satelit seperti Johann Zarco yang merupakan pembalap Tech3, 2017-2018. keduanya akan kalah jika disandingkan dengan Fabio Quartararo yang merupakan pembalap Yamaha SRT, 2019-2020.

Terbaru  Brembo Penyedia Rem MotoGP Beri Klarifikasi Terkait Insiden Vinales di GP Styria

MotoGP 2020 pun terlihat sama saja. Dibandingkan dengan Monster Energy Yamaha, Petronas Yamaha SRT mampu mencetak lebih banyak kemenangan untuk mengungguli tim pabrikan Yamaha di klasemen tim.

Selain itu, keunggulan yang didapat Rossi semakin bertambah karena akan mendapatkan paket motor terbaru. Jadi, pembalap senior tersebut tinggal fokus memaksimalkannya saja. Sebelumnya, Vinales menyadarinya lebih dulu. Di paruh kedua balapan musim lalu, The Top Gun memilih fokus beradaptasi dan memaksimalkan motor yang sudah dimilikinya.

“Jadi meski ada komponen baru, saya tetap akan pakai yang lama.”

Untuk saat ini, baik Valentino Rossi dan Maverick Vinales akan menggunakan mesin bekas menuju enam seri MotoGP 2020 mendatang. Hal ini terjadi karena keduanya, serta Franco Morbidelli telah menggunakan kelima mesin dan benar-benar kehabisan jatah. Ketiganya akan balapan dalam bahaya yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *