Fokus pada Sel Bahan Bakar dan EV Baterai, Honda Keluar dari Formula One
Fokus pada Sel Bahan Bakar dan EV Baterai, Honda Keluar dari Formula One

Fokus pada Sel Bahan Bakar dan EV Baterai, Honda Keluar dari Formula One

Fokus pada Sel Bahan Bakar dan EV Baterai, Honda Keluar dari Formula One

Honda telah mengumumkan bahwa mereka akan mundur dari Formula Satu sebagai pemasok mesin. Pabrikan asal Jepang itu menyatakan bahwa mereka ingin lebih memfokuskan R&D ke sel bahan bakar dan kendaraan listrik baterai daripada mesin pembakaran. Mereka akan terus memasok Red Bull Racing dan Scuderia Alpha Tauri hingga akhir musim 2021.

Honda mengatakan bahwa perubahan fokus ini dimaksudkan untuk memfasilitasi realisasi netralitas karbon pada tahun 2050. Honda memiliki sejarah panjang di Formula One, melayani sebagai pemasok mesin sejak 1960-an. Itu relatif tidak berhasil di awal 2000-an, tidak pernah mencapai satu pun kemenangan balapan dan mundur dari olahraga pada tahun 2008.

Honda kembali ke olahraga ini untuk tugas terakhirnya pada tahun 2015, bekerja sama dengan McLaren. Ini terjadi segera setelah perombakan mesin besar di F1, di mana formula mesin beralih dari V8 2.4L yang disedot secara alami menjadi V6 1.6L hybrid turbocharged. Honda, yang selalu berfokus pada mesin yang lebih kecil di mobil jalan raya mereka, melihat ini sebagai kesempatan untuk menunjukkan keahlian mereka di dunia nyata.

Honda juga memasok IndyCar dengan mesin, yang merupakan salah satu dari dua pemasok bersama Chevrolet. IndyCar juga menggunakan mesin turbo V6, meskipun mesin tersebut sangat berbeda dengan mesin F1 sebaliknya.

Sedangkan untuk mobil listrik, pengalaman Honda relatif sedikit di sana. Mereka menghasilkan satu mobil listrik eksperimental di akhir tahun 90-an, EV Plus, dan hanya sekitar 300 contoh yang dibuat. Maju cepat ke era modern, dan Honda sejauh ini telah memiliki dua kendaraan kepatuhan, retrofit Fit EV khusus sewa terbatas dan Clarity EV yang sudah ketinggalan zaman saat diluncurkan.

Terbaru  Formula 1: Mercedes Konfirmasi Lewis Hamilton Akan Pindah ke Renault

Perusahaan saat ini bekerja dengan GM Ultium untuk mobil listrik baterai masa depan, dan pindah dari F1 mungkin merupakan upaya untuk memulai program EV internal mereka sendiri. Sebelumnya, Honda fokus pada sel bahan bakar, meski itu berubah. Tetapi beberapa eksekutif Honda masih cukup skeptis terhadap EV.

Honda bukan satu-satunya produsen mobil yang meninggalkan olahraga motor berbahan bakar bensin. Selama beberapa tahun terakhir, beberapa produsen mobil telah mengakhiri program mereka dan malah memutuskan untuk fokus pada balap listrik, terutama Formula E. Porsche dan Audi berhenti setelah sukses di Le Mans, dan Mercedes menarik diri dari seri olahraga motor Jerman DTM.

Sementara Honda belum mengumumkan pindah ke balap listrik, pengumuman ini menunjukkan alasan yang sama untuk menghentikan olahraga motor bensin. Tidak ada yang tersisa untuk masa depan. Olahraga motor itu mahal, dan pabrikan hanya akan tetap terlibat di dalamnya karena dua alasan, R&D dan pemasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *