MotoGP 2020: Valentino Rossi Resmi Umumkan Kepindahan ke Petronas Yamaha
MotoGP 2020: Valentino Rossi Resmi Umumkan Kepindahan ke Petronas Yamaha

MotoGP 2020: Valentino Rossi Resmi Umumkan Kepindahan ke Petronas Yamaha

MotoGP 2020: Valentino Rossi Resmi Umumkan Kepindahan ke Petronas Yamaha

Juara dunia sembilan kali grand prix itu dipindahkan dari skuad pabrikan Yamaha untuk tahun 2021 pada awal tahun untuk memberi jalan bagi Fabio Quartararo untuk bergabung dengan Maverick Vinales. Rossi awalnya ingin enam atau tujuh balapan pertama musim 2020 untuk menentukan apakah dia cukup kompetitif untuk melanjutkan, tetapi pandemi virus corona membatalkan rencana ini.

Dia mengonfirmasi pada awal musim di Jerez pada bulan Juli bahwa dia 99 persen untuk bergabung dengan Petronas, tetapi diskusi berlanjut selama berbulan-bulan setelah itu karena kedua belah pihak berusaha menyelesaikan elemen tertentu. Titik kuncinya adalah apa yang dipindahkan kru dengan Rossi ke Petronas.

Pada hari Kamis, Rossi mengumumkan kesepakatan itu kemungkinan akan ditandatangani akhir pekan ini di Barcelona, dan kepala kru David Munoz, insinyur data Matteo Flamigni dan pelatih pembalap Idalio Gavira akan menjadi satu-satunya anggota dari timnya saat ini yang bergabung dengannya. Pada hari Sabtu, Petronas dan Yamaha mengonfirmasi Rossi telah menandatangani kontrak satu tahun untuk memastikan karir grand prixnya berlanjut ke musim ke-26.

“Saya sangat senang bisa terus membalap pada 2021 dan melakukannya bersama Tim Balap Yamaha Sepang Petronas. Saya banyak berpikir sebelum mengambil keputusan ini, karena tantangannya semakin panas. Untuk menjadi yang teratas di MotoGP, Anda harus bekerja keras dan keras, berlatih setiap hari dan menjalani kehidupan atlet, tetapi saya tetap suka dan saya masih ingin naik.”

“Pada paruh pertama tahun ini saya membuat pilihan dan saya berbicara dengan Yamaha, yang setuju dengan saya. Mereka mengatakan kepada saya meskipun tidak ada tempat bagi saya di Tim Pabrik, motor pabrikan dan dukungan pabrikan dijamin.”

Terbaru  Menuju MotoGP Prancis 2020: 6 Insinyur Yamaha Diisolasi, 1 Positif Covid-19

“Saya sangat senang pindah ke Petronas Yamaha SRT. Mereka masih muda, tetapi mereka telah terbukti sebagai tim papan atas. Mereka sangat serius dan terorganisir dengan sangat baik. Untuk tahun ini saya juga mengganti kepala kru saya. Saya sangat senang dengan David, dan saya pikir kami belum mencapai yang terbaik. Ini adalah salah satu alasan mengapa saya memilih untuk melanjutkan, karena atmosfer di tim adalah sesuatu yang sangat saya sukai. Akan menyenangkan memiliki Franco sebagai rekan satu tim saya, karena dia seorang pembalap Akademi, itu akan keren. Saya pikir kita bisa bekerja sama untuk mewujudkan hal-hal baik.”

Rossi diharapkan menandatangani kesepakatan 1 + 1, meskipun kontrak tambahan setelah 2021 hanya akan diajukan jika semua pihak senang untuk melanjutkan bersama.

Tahun depan juga akan menjadi yang ke-16 bagi Rossi sebagai pebalap Yamaha, setelah bergabung dengan pabrikan Jepang dari Honda sebagai juara dunia MotoGP tiga kali, dan kembali pada 2013 setelah menjalani dua tahun yang sulit di Ducati antara 2011 dan 2012.

Rossi telah mencetak 65 dari 89 kemenangan kelas premier bersama Yamaha dan empat dari tujuh gelar tingkat atas. Sebuah podium akhir pekan ini di GP Catalan akan menandai yang ke-200 di kelas utama. Dia akan bermitra dengan anak didiknya Franco Morbidelli di Petronas tahun depan, yang menandatangani kontrak baru dua tahun beberapa bulan lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *