Elon Musk Akan Luncurkan Mobil Listrik Murah Tesla dan Model S 'Plaid'
Elon Musk Akan Luncurkan Mobil Listrik Murah Tesla dan Model S 'Plaid'

Elon Musk Akan Luncurkan Mobil Listrik Murah Tesla dan Model S ‘Plaid’

Elon Musk Akan Luncurkan Mobil Listrik Murah Tesla dan Model S 'Plaid'

Elon Musk mengakhiri acara baterai besar Tesla pada Selasa malam, 22 September 2020, dengan beberapa janji besar tentang harga mobil masa depan Tesla dan pengumuman versi ultra-cepat baru dari Model S. Setelah meninjau perbaikan dalam desain baterai Tesla sendiri dan kemajuan manufaktur yang dapat menghasilkan pengurangan besar dalam biaya baterai, Musk menjanjikan mobil listrik Tesla seharga $25.000 atau 373 juta rupiah yang akan tersedia dalam waktu sekitar tiga tahun.

Itu akan jauh lebih murah daripada mobil mana pun yang dibuat Tesla sejauh ini. Mobil ini akan mampu mengemudi sepenuhnya secara otonom, suatu prestasi yang sulit karena sensor dan peralatan lain yang dibutuhkan bahkan untuk mengemudi sebagian otonom mahal. Dan bahkan ketika dia memuji rencana masa depan perusahaan yang ambisius.

Di tahun-tahun yang lalu, Musk telah memperkirakan bahwa Teslas yang dilengkapi dengan perangkat keras “Full Self Driving” dari perusahaan akan mampu melakukan perjalanan otonom “dari pantai ke pantai” pada akhir tahun 2017. Tenggat waktu yang ditetapkannya sendiri adalah berulang kali didorong mundur.

Musk juga mengumumkan bahwa Tesla menerima pesanan sekarang untuk Tesla Model S tiga motor baru dengan “Plaid Mode,” versi yang mampu menghasilkan 1.100 tenaga kuda. Mobil ini akan mampu melaju dari nol hingga 60 mil per jam dalam waktu kurang dari dua detik dan menjalankan drag strip seperempat mil dalam waktu kurang dari sembilan detik. Model S Plaid akan memiliki kecepatan tertinggi 200 mil per jam dan akan mampu menempuh 520 mil dengan muatan penuh, menurut Tesla.

Sebagai perbandingan, Dodge Challenger SRT Demon, mobil drag strip khusus, mampu melaju dari nol hingga 60 dalam 2,3 detik dan berlari seperempat mil dalam 9,65 detik. Pelanggan dapat memesan Model S Plaid sekarang dan yang pertama akan dikirim pada akhir tahun depan.

Terbaru  Nissan Luncurkan Teknologi Pengereman Cerdas Cegah Tabrakan

Musk dan Andrew Baglino selaku kepala pengembangan powertrain Tesla mengatakan, “Selama presentasi yang panjang, perbaikan mendetail yang telah dilakukan perusahaan dalam desain baterai dan kemampuananufaktur baterai. Kemajuan ini dapat menyebabkan pengurangan besar-besaran dalam biaya baterai per kilowatt hour, ukuran kemampuan penyimpanan energi baterai.”

Dengan desain sel baterai yang lebih baik dan proses manufaktur yang disederhanakan, Tesla berharap untuk mencapai pembuatan baterai skala terawatt. Satu jam terawatt adalah 1.000 gigawatt jam atau satu triliun watt jam.

Tesla mencapai produksi tahunan 20 gigawatt jam di pabrik baterai Nevada pada tahun 2018, menurut situs web perusahaan. Pada tingkat itu, itu sudah menjadi pabrik produksi baterai dengan volume tertinggi di dunia, klaim Tesla. Pada 2022, Tesla menargetkan untuk memproduksi 100 gigawatt jam per tahun dan, pada 2030, 3 terawatt jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *