Tinggalkan Ducati Tanpa Rencana, Dovizioso Mungkin Jadi Test Rider Yamaha
Tinggalkan Ducati Tanpa Rencana, Dovizioso Mungkin Jadi Test Rider Yamaha

Tinggalkan Ducati Tanpa Rencana, Dovizioso Mungkin Jadi Test Rider Yamaha

Tinggalkan Ducati Tanpa Rencana, Dovizioso Mungkin Jadi Test Rider Yamaha

Seperti yang diketahui, Andrea Dovizioso dan Ducati telah mengakhiri kontrak kerja mereka. Dengan kata lain, Dovizioso tidak akan lagi menjadi pembalap Ducati pada MotoGp 2021 mendatang. Namun, hal yang mengejutkan adalah Dovizioso meninggalkan tim Ducati tanpa perencanaan matang untuk ke depannya. Dia tidak memiliki tim untuk MotoGP 2021 dan terancan antara pensiun dini atau cuti setahun penuh.

Sebelumnya, pada balapan di Misano, Dovizioso memakai jersey dengan bertulisakan unemployed yang artinya pengangguran. Ia menunjukkan bahwa dia tidak sedang berada dalam sebuah kontrak dengan pabrikan manapun untuk MotoGP musim depan.

Beredar rumor bahwa Dovizioso akan menggantikan Jorge Lorenzo sebagai Test Rider di Yamaha. Sejauh ini, Dovizioso menang kerap dikaitkan dengan pekerjaan test rider di Yamaha dan Suzuki. Selain itu, beredar pula rumor tentang menjadi test rider Honda. Namun, untuk HRC sendiri, Stefan Bradl, test rider Monster Energy Yamaha akan kembali ke posisinya setelah menggantikan Marc Marquez pada balapan MotoGP musim ini.

Dovizioso bisa menjembatani tahun ini dan menyerang lagi pada 2022 dengan test rider dan maksimal dua wildcard. Namun, banyak tempat di tim teratas juga tidak akan kosong. Selain itu, terdapat spekulasi bahwa Dovi akan cuti selama setahun. Namun, yang bersangkutan, Dovizioso tidak berkomentar tentang masa depannya saat ini karena fokus untuk memenangkan gelar.

Simone Battistella sekaku manajer Andrea bersikeras tanpa basa-basi lagi bahwa kesepakatan test rider sudah dekat.

“Dengan pabrikan mana, yang masih buka. Padahal Honda saat ini bukan pilihan nyata,” ujar Simone.

Jika dilihat, Yamaha belum puas dengan Lorenzo sejauh ini. Selain itu, negosiasi kontaknya dengan Ducati belum diterima dengan baik oleh petinggi Yamaha di Jepang tersebut. Dovizioso tentunya bisa menempati posisi sebagai pebalap uji coba pada 2021 dan sebagai pengganti empat pebalap reguler. Bahkan, Dovizioso juga bisa mengambil alih kursi di Petronas Yamaha SRT dari Rossi pada MotoGP 2022.

Terbaru  MotoGP Prancis 2020: Petrucci Menangkan Balapan Basah Liar dari Marquez

Valentino Rossi sebelum MotoGP San Marino 2020 sepuluh hari lalu sempat memberikan pernyataannya. “Jika Dovi mau, saya akan segera rekrut dia sebagai test driver.”

Suzuki juga bisa menggunakan dukungan Dovizioso. Ia merupakan pembalap yang membawa banyak pengetahuan teknis. Seperti diketahui, Suzuki berencana membentuk tim satelit untuk 2022 bekerja sama dengan Pramac, Gresini, Avintia, atau bahkan Petronas. Selain itu, kontrak KTM dengan Tech3 juga hanya berjalan sebentar hingga akhir 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *