Pol Espargaro Ungkap Kekecewaan Ditipu Yamaha Untuk Gantikan Valentino
Pol Espargaro Ungkap Kekecewaan Ditipu Yamaha Untuk Gantikan Valentino

Pol Espargaro Ungkap Kekecewaan Ditipu Yamaha Untuk Gantikan Valentino

Pol Espargaro Ungkap Kekecewaan Ditipu Yamaha Untuk Gantikan Valentino

Pol Espargaro, pembalap andalan Red Bull KTM Factory merasa kecewa dan patah hati karena ditipu oleh Yamaha untuk menjadi pembalap menggantikan Valentino Rossi. Sebelumnya, Pol Espargaro memperkuat tim satelit Yamaha Tech 3 di musim debutnya di MotoGP, 2014. Saat itu, ia menjadi salah satu pebalap yang disorot karena promosinya ke MotoGP dengan status juara dunia Moto2 2013.

Pada pertengahan musim 2014 lalu, ia mendapat tawaran bergabung dengan tim pabrikan, Suzuki Ecstar. Perlu diketahui, Suzuki Ecstar saat itu sedang mencari dua pebalap baru untuk musim MotoGP 2015 setelah kembali dari vakum empat tahun. Espargaro menerima tawaran Suzuki Ecstar untul merasakan pengalaman menjadi pembalap tim pabrikan.

Pol Espargaro kemudian bertemu dengan Lin Jarvis, Managing Director Yamaha untuk membahas keinginannya pindah ke Suzuki Ecstar. Setelah bertemu Lin Jarvis, ia memutuskan untuk bertahan di Yamaha Tech 3. Dengan kata lain, pembalap KTM tersebut berani menolak tawaran Suzuki Ecstar karena terbuai janji manis Lin Jarvis.

Lin Jarvis berjanji akan menjadikan Pol Espargaro sebagai pembalap Movistar Yamaha yang rencananya akan menggantikan Valentino Rossi perihal pensiun. Suzuki Ecstar akhirnya mendatangkan Aleix Espargaro, adik Pol, serta dan Maverick Vinales pada 2015. Hingga akhir 2016, Jarvis belum bisa menepati janjinya kepada Pol Espargaro karena The Doctor belum mengisyarakatkan pensiun.

Pol Espargaro sebenarnya mendapat kesempatan menjadi pebalap Movistar Yamaha. Saat itu, Jorge Lorenzo memutuskan hijrah ke Ducati pada musim 2017. Namun, Movistar Yamaha memilih Vinales untuk menggantikan Lorenzo. Kecewa dengan Yamaha, Espargaro memutuskan untuk pindah ke Pabrik KTM Red Bull pada tahun 2017 hingga sekarang.

Pol Espargaro mengaku masih sakit hati hingga saat ini jika mengingat batalnya menjadi pembalap Movistar Yamaha.

Terbaru  Kualifikasi MotoGP Austria 2020: Espargaro , Miller, dan Vinales Langsung Tahap Q2

“Saat itu (2014) saya mendapat tawaran pindah ke Suzuki Ecstar dengan nilai kontrak yang sama dengan adik saya (Aleix Espargaro). Saya kemudian berbicara dengan Lin Jarvis. Dia meminta saya tetap di tim satelit karena Valentino Rossi akan pensiun dan Yamaha membutuhkan pembalap muda. Namun, Lin Jarvis menyangkal kesepakatan itu saat konferensi pers. Itu menyakitkan saya,” ungkap Espargaro.

Ia masih ingat momen kegagalan menjadi pembalap tim pabrikan Yamaha. Pol Espargaro langsung menerima tawaran Red Bull KTM Factory sebab tidak ingin kehilangan kesempatan lagi untuk begabung dengan tim pabrikan.

Dengan alasan yang sama, Pol Espargaro menandatangani kontrak kerja sama dengan Repsol Honda pada pertengahan Juli 2020. Ia akan menjadi pebalap Repsol Honda dan bermitra dengan Marc Marquez selama dua tahun mulai MotoGP 2021. Dengan kata lain, Alex Marquez ditendang dari Honda.

“Saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan berpikir dua kali jika ada tawaran dari tim pabrikan. Saat membuat keputusan, Anda harus memikirkan yang terbaik. Saya yakin itu akan lebih baik lagi bersama Repsol Honda. Saya pasti butuh waktu untuk beradaptasi. Saat di KTM, awalnya saya gagal. Setelah empat tahun, sekarang saya bisa naik podium. Saya pikir saya juga akan sukses dengan Repsol Honda,” kata Pol Espargaro.

Pada MotoGP 2020, Pol Espargaro telah memberikan dua podium untuk KTM, tepatnya Grand Prix Styria dan Emilia Romagna. Pencapaian tersebut membuat Pol Espargaro menduduki peringkat 10 klasemen dengan perolehan 57 poin.

Selanjutnya, Pol Espagaro dan pebalap lainnya akan bersiap menghadapi seri kedelapan, MotoGP Catalunya yang digelar pada Minggu, 27 September, akhir pekan ini.

Terbaru  MotoGP Prancis 2020: Empat Kali Gagal Finis, Rossi Mengaku Sangat Kecewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *