MotoGP Emilia Romagna 2020: Plastik Helm Quartararo Sebabkan Miller Gagal Finis
MotoGP Emilia Romagna 2020: Plastik Helm Quartararo Sebabkan Miller Gagal Finis

MotoGP Emilia Romagna 2020: Plastik Helm Quartararo Sebabkan Miller Gagal Finis

MotoGP Emilia Romagna 2020: Plastik Helm Quartararo Sebabkan Miller Gagal Finis

Fabio Quartararo meminta maaf atas helm plastiknya karena membuat pembalap Pramac Racing, Jack Miller gagal menyelesaikan balapan MotoGP Emilia Romagna pada Minggu, 20 September lalu. Sebelumnya, Jack Miller yang start di posisi kedua mampu memimpin balapan di tikungan pertama. Kemudian, Maverick Vinales mengambil alih posisi pertama pada tikungan keempat.

Miller juga mempertahankan posisi tersebut. Namun di lap-lap berikutnya, pembalap asal Australia itu terjatuh dan terpental sehingga mengharuskan dirinya masuk pit pada Lap 8.

Ketika dia masuk ke garasi, tentunya Jack Miller tampak frustrasi. Ia berteriak pada mekaniknya dan kepala kru, Christian Pupulin, di jalur pit, sambil menuju kursinya dengan kesal.

“Sepeda saya kehilangan tenaga sejak Lap 2!”

Setelah dicari penyebabnya, ternyata plastik pelindung visor milik pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, tersangkut di filter udara motor Desmosedici GP20 milik Jack Miller. Beruntungnya, rekaman peristiwa tersangkutnya plastik helm tersebut tertangkap kamera oleh Dorna Sports selaku penyelenggara balapan.

Peristiwa plastik helm ini terjadi di Lap 2 seperti yang dijelaskan Miller. Menanggapi hal tersebut, tim Pramac Racing memebenarkanya usai balapan. Bahkan, Miller sendiri memposting melalui Instagram dengan unggahan foto plastik pelindung visor helm milik Fabio Quartararo yang finis di posisi ketiga.

“@ fabioquartararo20 saya menemukan sesuatu yang ternyata milik Anda. Sayangnya di Lap 2 motor saya tersedot pelindung visor helm plastik, yang akhirnya menutupi saringan udara. Terkadang balapan bisa menjadi permainan yang kejam. Terima kasih kepada tim saya yang selalu bekerja keras,” tulis Miller.

Pada Senin, 21 September 2020 lalu, Quartararo akhirnya membalas Instagram Story milik temannya. “Saya minta maaf. Tapi Anda bisa membayangkan bahwa saya tidak sengaja,” tulis pembalap asal Prancis berumur 21 tahun itu.

Terbaru  MotoGP Austria 2020: Rossi Prediksi Motor YZR-M1 Miliknya Akan Bermasalah

Jika dilihat, tindakan melepas helm plastik juga dilarang oleh Formula 1 sejak 2016 lalu. Ini bukan pertama kalinya hal ini terjadi di MotoGP. Dua tahun yang lalu, Tito Rabat juga pernah mengalami hal serupa. Selain itu, Francesco Bagnaia juga yakin dirinya gagal finis pada saat memimpin balapan pada Minggu, 20 September 2020. Bagaia yang memimpin balapan di posisi pertama hingga tujuh lap terakhir terjatuh setelah bannya melindas plastik serupa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *