MotoGP Emilia Romagna 2020: Batal Podium, Quartararo Marah Dapat Penalti
MotoGP Emilia Romagna 2020: Batal Podium, Quartararo Marah Dapat Penalti

MotoGP Emilia Romagna 2020: Batal Podium, Quartararo Marah Dapat Penalti

MotoGP Emilia Romagna 2020: Batal Podium, Quartararo Marah Dapat Penalti

Fabio Quartararo menjadi perbincangan hangat karena ia batal menaiki podium karena mendapatkan penalti. Kemudian, pembalap Petronas Yamaha SRT tersebut mengungkapkan amarahnya usai balapan MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Minggu, 20 September 2020 kemairn. Bagaimana tidak, Quartararo harus menerima penalti yang membuatnya turun dari peringkat ketiga ke peringkat keempat.

Artinya, ia batal menaiki podium yang telah diraihnya dengan persaingan sengit melawan Pol Espargaro. Tentu, konsekuensi yang harus diterima Quartararo gagal meraih podium di seri ketujuh MotoGP 2020 membuatnya kecewa bahkan marah. Dia beranggapan perlakuan tersebut tidak adil karena ia tidak mendapatkan peringatan saat melewati lintasan berwarna hijau. Ia justru divonis Long Lap Penalty di lap terakhir karena melebihi batas lintasan.

Akun Twitter resmi MotoGP mencuitkan pada 20 September 2020, “???? @ FabioQ20 sangat marah! Langsung keluar dari belakang garasi setelah tempat ke-3 diambil darinya di lap terakhir! ???? # EmiliaRomagnaGP ???? pic.twitter.com/cVih0fYC9D”

Pihak penyelenggara menganggap Quartararo tidak mau menjalani hukuman sehingga akhirnya ia diberi penalti tiga detik.

Perlu diketahui, peraturan yang tertulis di laman resmi MotoGP mengatakan bahwa para pebalap MotoGP, Moto2 dan Moto3 harus mendapat peringatan batas lintasan saat memasuki virtual gravel trap, yaitu area hijau di pinggir lintasan.

Saat pembalap melewati lintasan terlarang tersebut, peringatan itu akan muncul di dasbor (pengendara) mereka. Kemudian, jika pembalap melebihi batas lintasan sebanyak dua kali lagi, Grand Prix akan langsung memberikan Penalti Lap Panjang.

Itulah yang terjadi pada Quartararo di balapan MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano. Tentunya, pembalap Prancis itu membantahnya dan mengaku tidak menerima peringatan di dasbornya.

“Saya tidak mendapat peringatan batas lintasan. Jadi ya, saya kecewa dan frustasi dengan penalti ini dan sekarang menanti Grand Prix Catalunya (pekan depan). Namun, saya sangat senang karena pada akhirnya kami memiliki kecepatan yang bagus dan sulit bagi kami untuk menyalip Pol (Espargaro) dan (Joan) Mir,” ujar pembalap berumur 21 tahun tersebut.

Terbaru  MotoGP Styria 2020: Miguel Juara, KTM Resmi Kehilangan Hak Konsesi

Terlepas dari itu, Fabio Quartararo senang bisa mendapatkan kecepatan yang diinginkannya di MotoGP Emilia Romagna. Sebelumnya, performanya sempat menurun drastis setelah memenangkan dua pertandaingan di awal-awal seri. Saat ini, posisinya masih tergeser oleh Andrea Dovizioso di puncak klasemen MotoGP 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *