Hasil MotoGP Emilia Romagna 2020: Vinales Patahkan Kutukan Sirkuit Misano
Hasil MotoGP Emilia Romagna 2020: Vinales Patahkan Kutukan Sirkuit Misano

Hasil MotoGP Emilia Romagna 2020: Vinales Patahkan Kutukan Sirkuit Misano

Hasil MotoGP Emilia Romagna 2020: Vinales Patahkan Kutukan Sirkuit Misano

Maverick Vinales menempati posisi pole dan harus berhadapan dengan kutukan Sirkuit Misano yang mengatakan bahwa setiap pembalap yang menempati pole tidak akan bisa menang. Awalnya, hal ini terbukti. Balapan MotoGP Emilia Romagna yang digelar pada Minggu, 20 September 2020 kemarin membawa sejuta drama. Fransesco Bagnaia dengan cerdas mengambil alih posisi pertama dan bertahan hingga tujuh lap terakhir.

Namun, sungguh disayangkan pembalap Ducati tersebut tiba-tiba terjatuh di posisi jauh terdepan tanpa ada senggolan dengan pembalap lain. Alhasil, Maverick Vinales merebut keberuntungan Bagnaia dan memenangkan balapan. Tentunya, semua mata yang melihat merasa tidak percaya karena Bagaia sudah terlihat menang dengan gap yang dihasilkan dari pembalap Monster Energy Yamaha yang berada di posisi kedua tersebut.

Dengan kata lain, pembalap dengan julukan Top Gun itu berhasil mematahkan kutukan. Ia berhasil membuktikan bahwa semua pembalap memiliki kesempatan untuk meraih gelar juara dunia.

Drama lain juga terlihat dari Pol Espargaro yang saling tikung dengan Fabio Quartararo. Keduanya, berebut posisi ketiga sebelum Bagnaia terjatuh dan berebut posisi kedua saat pembalap Ducati tersebut melepas posisi pertama. Namun, seakan bosan menunggu, Joan Mir langsung melewati kedua pembalap yang bersiteru. Alhasil, Joan Mir menduduki posisi kedua. Jika diringkas, balapan yang terjadi tadi malam memiliki beberapa insiden penting.

Posisi start, ada Maverick Vinales, Jack Miller, Fabio Quartararo, Pol Espargaro, Francesco Bagnaia, Brad Binder, Valentino Rossi.

Lap pertama, Jack Miller sempat memimpin, tapi disalip Vinales. Valentino Rossi jatuh di tikungan keempat, ia segera berlomba lagi. Brad Binder yang ada di posisi ketiga juga jatuh dan kembali bangkit untuk melanjutkan balapan, namun kembali jatuh kedua kalinya dan keluar.

Terbaru  MotoGP Styria 2020: Alex Rins Persoalkan Vinales Tetap Balapan Saat Rem Bermasalah

Lap tiga, posisi pembalap dari urutan terdepan adalah Vinales, Bagnaia, Pol Espargaro, Quartararo, Miller, Mir, Lecuona, Petrucci, Alex Marquez. Di lap keempat, Bagnaia mampu menyalip Vinales, memimpin lomba dan membuat jarak.

Lap delapan, Quartararo keempat dan Andrea Dovizioso kesembilan. Sementara Jak Miller masuk pit dan tak melanjutkan balapan. Di lap 15, Bagnaia terdepan, diikuti Vinales, Pol Espargaro, Quartararo, Mir, Oliveira, Lecuona, A.Marquez, Dovizioso, Nakagami, Petrucci, Zarco, Morbidelli, Rins, Smith. Sedangkan The Doctor masuk pit dan tak mampu melanjutkan balapan.

Pada lap 20, Bagnaia yang memimpin terjatuh dan membuat Vinales terdepan, diikuti Pol Espargaro dan Quartararo. Di lap 25, Vinales masih memimpin sedang Joan Mir melesat dan menempati posisi kedua, diikuti Quartararo. Namun, Fabio Quartararto dijatuhi penalti karena melakukan long lap.

Pada lap 27 atau terakhir, Vinales finis terdepan sedang Mir kedua. Quartararo sebenarnya berada di posisi ketiga tapi kena penalti 3 detik. Sehingga Pol Espargaro yang menempati posisi keempat berhak naik podium.

Dari balapan tersebut, setidaknya tujuh pembalap gagal menyelesaikan balapan. Diantaranya adalah Iker Lecuona tim Red Bull KTM Tech3 (RC16), Francesco Bagnaia tim Pramac Ducati (GP20), Valentino Rossi tim Monster Yamaha (YZR-M1), Tito Rabat tim Reale Avintia Ducati (GP19), Jack Miller tim Pramac Ducati (GP20), Brad Binder tim Red Bull KTM Factory (RC16), dan Aleix Espargaro tim Factory Aprilia Gresini (RS-GP),

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *