MotoGP Emilia Romagna 2020: Seperti Marquez, Stefan Bradl Mundur Karena Cedera
MotoGP Emilia Romagna 2020: Seperti Marquez, Stefan Bradl Mundur Karena Cedera

MotoGP Emilia Romagna 2020: Seperti Marquez, Stefan Bradl Mundur Karena Cedera

MotoGP Emilia Romagna 2020: Seperti Marquez, Stefan Bradl Mundur Karena Cedera

Usai melaksanakan sesi latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Italia, pada Jumat 18 September 2020 kearin, Stefan Bradl mengumunkan bahwa dirinya mundur dari balapan seri ketujuh MotoGP 2020 tersebut. Tentu, kabar ini mengejutkan mengingat ia adalah pembalap Repsol Honda, menggantikan Marc Marquez sang juara bertahan.

Stefan Bradl dikabarkan baru-baru ini mengalami cedera saat balapan dan kini ia mendapati masalah dengan lengannya. Hal ini terjadi saat balapan di seri MotoGP Styria di Sirkuit Red Bull Ring, 23 Agustus 2020 lalu. Sebelumnya, pembalap uji coba tim Repsol Hond tersebut sempat balapan di seri selanjutnya, MotoGP San Marino, 13 September 2020.

Namun, pembalap asal Jerman tersebut justru merasa balapan semakin memburuk. Alhasil, ia memilih absen di MotoGP Emilia Romagna. Kemudian, ia berharap agar bisa kembali membalap pada seri selanjutnya di Barcelona pada 27 September 2020.

“Situasinya tentu tidak bagus. Setelah balapan di Austria saya merasa sedikit sakit, bahkan saat istirahat, kedua jari saya mati rasa. Awalnya, saya tidak berpikir itu serius, tapi terus berlanjut dan akhir pekan lalu saya merasa tidak enak badan sejak awal. Saya menjalani operasi untuk memperbaiki saraf, tetapi dokter melihat bahwa situasinya lebih rumit dari yang diharapkan. Dalam situasi ini, saya tidak yakin bisa balapan dengan aman. Saya butuh beberapa hari untuk kembali fit. Saya berharap bisa kembali balapan di Barcelona.”

Tentunya, ia menyayangkan dirinya yang memiliki masalah dengan lengan kanan. Cedera tersebut membuatnya tidak bisa balapan secara konsisten. Sementara itu, tim Repsol Honda sendiri mendukung keputusan Stefan Bradl untuk mundur dari balapan MotoGP Emilia Romagna.

Terbaru  Tes MotoGP Misano 2020: Valentino Rossi dan Fabio Quartararo Perang Mulut

Alberto Puig selaku Manajer Repsol Honda mengaku pihaknya tak bisa memaksa Bradl kembali ke lintasan dengan kondisi tersebut. Belajar dari kesalahan Marc Marquez, kondisi lengan Bradl dinilai bisa membahayakan pembalap atau pebalap lain di lintasan.

“Stefan sudah mengeluh tentang mati rasa setelah Misano pertama (MotoGP San Marino). Menurut Bradl saat itu tidak terlalu buruk. Tapi kemudian, masalah itu berulang lagi, ternyata operasi bukan perkara mudah. Alasan dia mundur setelah FP1, karena dia tidak punya kekuatan di tangan kanannya. Jika dia tidak bisa mengendalikan motor balap, itu bisa berbahaya, bukan hanya dia, tapi juga pembalap lain,” kata Alberto Puig.

Pengunduran diri Stefan Bradl memperpanjang lini pebalap Honda yang harus absen di MotoGP Emilia Romagna 2020. Selain Marc Marquez yang sudah absen sejak seri kedua, Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) juga belum bisa kembali membalap akibat cedera.

Dengan kata lain, Honda hanya bisa mengandalkan Alex Marquez dari tim Repsol Honda dan Takaaki Nakagami dari tim LCR Honda Idemitsu pada balapan MotoGP Emilia Romagna yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu 20 September 2020 malam WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *