Sejumlah Pembalap Kompak Keluhkan Suara Bising Alat Komunikasi MotoGP
Sejumlah Pembalap Kompak Keluhkan Suara Bising Alat Komunikasi MotoGP

Sejumlah Pembalap Kompak Keluhkan Suara Bising Alat Komunikasi MotoGP

Sejumlah Pembalap Kompak Keluhkan Suara Bising Alat Komunikasi MotoGP

Sejumlah pembalap MotoGP termasuk Andrea Dovizioso kompak mengeluhkan suara bising alat komunikasi pembalap yang baru diuji coba pada Selasa, 15 September 2020. Di sini, sesi uji coba alat komunikasi tersebut bertepatan dengan tes pasca-balapan MotoGP San Marino yang berlangsung di Sirkuit Misano.

Dorna Sports sebagai operator MotoGP tengah mengembangkan sistem alat komunikasi pebalap berbentuk radio. Saat ini, tujuan utama dari alat komunikasi itu adalah untuk melacak sistem peringatan balapan ajang bergengsi tersebut yang selama ini menggunakan bendera.

Penyelenggara tentunya membuat alat komunikasi tersebut untuk membantu para pembalap MotoGP melihat apa pun yang terjadi di lintasan selama balapan. Ini akan mengantisipasi insiden kecelakaan. Seperti Formula 1, semua pembalap MotoGP akan menggunakan earphone selama melahap lintasan sirkuit.

Bedanya, alat komunikasi pada MotoGP ini bersifat satu arah dimana pembalap hanya bisa mendengar tanpa bisa membalas via suara. Stefan Bradl yang merupakan pembalap penguji Repsol Honda menjadi orang pertama yang merasakan alat komunikasi pebalap pada Jumat 11 September 2020.

Selanjutnya, semua pembalap yang mengikuti tes pasca-MotoGP San Marino untuk menggunakan alat komunikasi teresbut. Semua pembalap menilai sistem komunikasi radio itu sangat positif. Namun, beberapa pembalap masih mengeluhkan bentuk earphone yang kurang proporsional. Akibatnya, alat tersebut menimbulkan suara bising.

Salah satu pebalap yang mengeluhkan itu pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Ia mengungkapkan keluhannya, “Kami sudah mencoba alat itu dan saya rasa sudah cukup. Kami bisa mendengar informasi yang diberikan melalui radio itu. Namun, mereka harus mengubah bentuk earphone-nya. Saya tidak mengenakan earplug atau pelindung telinga karena earphone itu. Earphone yang saya pakai tidak terlalu rapat sehingga saya masih mendengar suara angin yang kencang. Saya juga tidak bisa mendengar suara mesin.”

Terbaru  Pimpin Klasemen MotoGP 2020, Mir Ingin Fokus Menang, Bukan Sekedar Gelar

Joan Mir selaku Suzuki Ecstar juga memberikan keluhan yang sama dengan menyebut satu-satunya kekurangan dari alat komunikasi itu adalah bentuk earphone.

“Normalnya, earplug yang kami pakai meredam suara bising dari luar. Namun, dengan earphone itu, kami justru mendegar suara bising lebih banyak. Bagi sebagian pebalap, suara bising akan mengganggu. Ini adalah sesuatu yang baru dan masih bisa dikembangkan lagi. Mari kita lihat nanti.”

Bahkan, Pol Espargaro mengkritik lebih ekstrem dari Joan Mir dan Dovizioso. Pembalap KTM Red Bull tersebut menyebut bahwa ia tidak kuat dengan suara bising yang ditimbulkan earphone alat komunikasi itu hingga harus menekannya lebih dalam ke telinga. Espargaro menyebut earphone tersebut tidak bisa meredam suara bising.

“Saya tidak mungkin balapan dengan suara bising seperti itu. Alat itu masih perlu banyak perbaikan.”

Carlos Ezpeleta selaku Direktur Olahrga Dorna Sports mengakui bahwa alat komunikasi itu masih butuh banyak perbaikan. Pihaknya selalu mendengar saran dari pebalap, terutama tentang bentuk earphone yang sesuai. Selanjutnya, balapan seri ketujuh MotoGP Emilia Romagna akan digelar pada hari Minggu, 20 September 2020 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *