Tes MotoGP Misano 2020: Valentino Rossi dan Fabio Quartararo Perang Mulut
Tes MotoGP Misano 2020: Valentino Rossi dan Fabio Quartararo Perang Mulut

Tes MotoGP Misano 2020: Valentino Rossi dan Fabio Quartararo Perang Mulut

Tes MotoGP Misano 2020: Valentino Rossi dan Fabio Quartararo Perang Mulut

Sejumlah pembalap kelas premier MotoGP termasuk Valentino Rossi menjalani tes resmi di Sirkuit Misano, Selasa 15 September 2020. Dalam tes tersebut, terdapat dua sesi dimana sesi pertama dilaksanakan pada pukul 14.30-18.00 WIB dan sesi kedua pada 19.00-23.00 WIB.

Beberapa saat setelah tes dilakukan, Valentino Rossi dan Fabio Quartararo terlibat cekcok mulut. Dua pebalap dari generasi berbeda dan satu tim Yamaha tersebut terlibat adu mulut menjelang bergulirnya MotoGP Emilia Romagna.

Seperti yang diketahui, pembalap dengan julukan The Doctor melewati 90 lap selama tes di Misano. Namun, pembalap Monster Energy Yamaha tersebut hanya mampu berada di posisi ke-17. Waktu terbaik untuk mencatat adalah 1 menit 32,946 detik.

Jika dilihat, catatan waktu Rossi ini lebih lambat 1,414 detik dari rekan satu tim, Monster Energy Yamaha. Maverick Vinales memuncaki catatan waktu di sesi tes resmi.

Valentino Rossi tidak memperhatikan waktunya dalam tes ini. Bisa dikatakan, dia menghabiskan dua sesi tes Misano untuk menguji sejumlah suku cadang baru. Salah satu diantaranya termasuk knalpot pada sepeda motor YZR-M1 miliknya. Sebelumnya, motor ini dinilai sangat bermasalah.

Awalnya, cekcok berawal dari pernyataan Rossi yang menyinggung penurunan performa Fabio Quartararo yang sebelumnya memenangi dua seri pertama. The Doctor memprediksi jika itu akibat tekanan yang dirasakannya. Performa Quartararo memang merosot tajam sejak tampil di Brno. Bahkan, di MotoGP Misano kemarin, dia terjatuh dua kali dan terpaksa gagal finis dan membuat posisinya tergeser dari puncak klasemen.

Terlepas dari sindirannya untuk pembalap asal Prancis tersebut, pembalap senior menambahkan, “Kami bekerja keras hari ini. Saya melahap banyak lap untuk menguji komponen baru. Tesnya tidak terlalu buruk. Seperti biasa, dari semua yang kami uji, ada beberapa perbaikan, sementara yang lain tidak. Namun, secara umum itu adalah ujian yang bagus. Kami menemukan sesuatu yang positif. Kami berusaha menjadi lebih baik untuk akhir pekan mendatang.”

Terbaru  MotoGP Emilia Romagna 2020: Rossi Gagal Finis Karena Tidak Sengaja Injak Rem

Tentunya, mendengar komentar pedas Valentino Rossi, pembalap berumur 21 tahun ini menjawab dengan sindiran.

“Anda bisa cepat tapi tidak bisa membeli pengalaman. Anda harus menjalaninya. Anda harus melakukan kesalahan. Orang mengira saya sedang tertekan, tapi sebenarnya saya tidak peduli dengan tekanan itu. Saya ingin jadi juara, tapi ini baru tahun kedua saya. Saya membuat kesalahan karena terlalu bersemangat dan saya harus membayarnya. Saya pikir saya bisa mendapatkan balapan yang bagus. Tapi, ternyata musim ini sangat aneh.”

Quartararo menyadari bahwa penampilannya masih naik turun. Namun, ia terus berusaha berbenah karena persaingan musim ini masih panjang.

Perlu diketahui, tes satu hari di Misano juga digunakan oleh tim lawan untuk mencoba sasis dan perangkat holeshot baru, yang membantu pengendara saat memulai. MotoGP Emilia Romagna adalah seri ketujuh MotoGP 2020 dan akan bergulir mulai 18-20 September pekan depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *