F1 GP Tuscan 2020: FIA Tetapkan 12 Menjadi Tersangka Kecelakaan Beruntun
F1 GP Tuscan 2020: FIA Tetapkan 12 Menjadi Tersangka Kecelakaan Beruntun

F1 GP Tuscan 2020: FIA Tetapkan 12 Pembalap Jadi Tersangka Kecelakaan Beruntun

F1 GP Tuscan 2020: FIA Tetapkan 12 Pembalap Jadi Tersangka Kecelakaan Beruntun

Seperti yang dapat disaksikan secara langsung, balapan MotoGP Tuscan pada Minggu, 13 September kemarin menjadi momok bagi semua pembalap. Pasalnya, balapan tersebut menurut Lewis Hamilton seperti balapan tiga seri. Insiden kecelakaan, red flag, hingga safety car berkeliaran sejak awal balapan dimulai.

Bisa dikatakan, balapan tersebut hanya menyisakan 12 pembalap karena beberapa diantaranya tersingkir tidak dapat melanjutkan balapan karena insiden kecelakaan beruntun tersebut.

Sirkuit Mugello menjadi saksi insiden tabrakan parah yang melibatkan 12 dari 20 total pembalap menjadi tersangka. 12 pembalap tersebut dapat menyelesaikan balapan sementara delapan lainnya terpaksa berhenti. Formula Grand Prix Tuscan ini sendiri memiliki 59 putaran.

Awalnya, kecelakaan terjadi saat balapan memasuki lap ketujuh. Beberapa jet darat bertabrakan satu sama lain dan membuat FIA selaku panitia Grand Prix mengibarkan red flag tanda balapan harus berhenti sejenak. Beberapa mobil dinyatakan rusak parah seperti mobil Antonio Giovinazzi, Kevin Magnussen, Nicholas Latifi and Carlos Sainz. Mobil keempat pembalap tersebut tidak dapat melanjutkan balapan.

Dari insiden mengerikan tersebut, panitia Grand Prix menetapkan ke-12 pembalap sebagai tersangka penyebab kecelakaan di Sirkuit Mugello. Pihak FIA telah mendengar sejumlah keterangan dari beberapa pembalap. Diantaranya adalah Magnussen, Latifi, dan Daniil Kvyat.

Selain itu, FIA juga menyelediki insiden tersebut berdasarkan video rekaman di lokasi kejadian. Alhasil, panitia telah memberikan peringatan kepada ke-12 pembalap. Mereka adalah Magnussen, Kvyat, Latifi, Giovinazzi, Sainz, Alexander Albon, Lance Stroll, Daniel Ricciardo, Sergio Perez, Lando Norris, Esteban Ocon, dan George Russell.

Pihak Grand Prix menyatakan, “Panitia menilat akar permasalahan dari kecelakaan ini adalah tidak konsistennya penggunaan rem di belokan yang di lakukan oleh 12 pembalap.”

Terbaru  Menuju F1 GP Monza 2020: Sergio Perez Positif, Balapan tanpa Penonton

Dari beberapa insiden mengerikan tersebut, Lewis Hamilton tetap konsisten menjadi juara balapan. Lewis Hamilton sendiri mengkritik kebijakan tersebut karena merugikan sejumlah pembalap. Di posisi lima besar ada Albon dari Red Bull, Ricciardo dari Renault, serta Perez dari Racing Point. Sedangkan Max Verstappen yang merupakan saingan berat duo Mercedes terpental di posisi ke-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *