Dikritik Sejumlah Pembalap, Michelin Siapkan Rencana Khusus MotoGP San Marino
Dikritik Sejumlah Pembalap, Michelin Siapkan Rencana Khusus MotoGP San Marino

Dikritik Sejumlah Pembalap, Michelin Siapkan Rencana Khusus MotoGP San Marino

Dikritik Sejumlah Pembalap, Michelin Siapkan Rencana Khusus MotoGP San Marino

Michelin yang merupakan penyedia ban resmi MotoGP sudah menyiapkan rencana khusus untuk Grand Prix San Marino akhir pekan ini. Seperti yang diketahui, ban Michelin kerap dikritik oleh sejumlah pembalap, terutama Valentino Rossi. Kini, Michelin mencoba menawarkan dua versi ban depan dengan kompon keras.

Piero Taramasso selaku Manajer Michelin menyatakan, “Misano adalah sirkuit yang tidak biasa dan Anda tidak pernah tahu apa yang terjadi atau diharapkan. Dua tahun lalu, trek memberikan banyak cengkeraman dan kami memecahkan rekor dan melihat lap yang cepat dan konsisten. Namun, kemudian musim lalu, aspal sepertinya berubah dan hampir tidak ada daya cengkeram sama sekali, jadi itu bagus untuk persiapan musim ini.”

Piero menambahkan, “Karena pengujian yang kami lakukan dengan berbagai tim dan pebalap, kami memiliki data untuk memilih kompon. Sekarang kami harus melihat bagaimana performa aspal selama balapan akhir pekan, katanya.

Selain itu, Michelin pun memberikan kode terkait material ban nantinya. Ban baru tersebut berbahan biomaterial dan regenerasi yang akan bekerja sangat baik di Jerez Juli lalu. Pihaknya berharap ban ini memberikan cengkeraman yang dibutuhkan pengendara untuk balapan. Hal ini merupakan hal yang sangat penting bagi Michelin.

Valentino Rossi kerap mengkritisi performa ban Michelin mengeluhkan performa ban yang tidak seimbang satu sama lain.

“Kami bekerja sama dengan Michelin untuk mencapai standar yang baik. Ini bagus, tapi terkadang satu ban bekerja lebih baik dari yang lain. Saya tidak ingin mengatakan ini seperti poker, karena itu jarang terjadi, ada bagian dari pebalap, gaya balapan, dan setelan motor,” ujar pembalap The Doctor.

Ia mengungkapkan bahwa ban yang sama bekerja dengan baik untuk satu pebalap Yamaha namun tidak untuk yang lain.

Terbaru  Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna 2020: Fabio Quartararo Puas dengan Hasil

MotoGP San Marino 2020 akan berlangsung di Sirkuit Dunia Misano, Marco Simoncelli. Semua pembalap akan mengukuti sesi latihan bebas pertama (FP1) dan kedua (FP2) pada Jumat, 11 September 2020. Keesokan harinya, mereka mengikuti sesi FP3, FP4, hingga sesi kualifikasi. Sedangkan balapan utama MotoGP San Marino akan berlangsung pada Minggu 14 September 2020 malam WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *