FP3 F1 GP Italia 2020: FIA Periksa Tujuh Pebalap Karena Perlambat Mobil
FP3 F1 GP Italia 2020: FIA Periksa Tujuh Pebalap Karena Perlambat Mobil

FP3 F1 GP Italia 2020: FIA Periksa Tujuh Pebalap Karena Perlambat Mobil

FP3 F1 GP Italia 2020: FIA Periksa Tujuh Pebalap Karena Perlambat Mobil

Seperti yang diketahui, Lewis Hamilton berhasil menduduki posisi pole untuk balapan Grand Prix Italia di Sirkuit Monza pada Mingu, 6 September 2020. Namun, rupanya FIA menemukan suatu kejanggalan yang terjadi pada sesi sebelumnya, yaitu sesi latihan bebas 3 (FP3). Tujuh pebalap F1 diperiksa oleh penyelenggara Formula 1 tersebut karena diduga sengaja memperlambat laju mobilnya saat sesi F1 Italia FP3 2020 yang digelar pada Sabtu 5 September 2020.

Ketujuh pembalap tersebut adalah Romain Grosjean, Sergio Perez, Nicholas Latifi, Carlos Sainz, Pierre Gasly, Alexander Albon, serta Lance Stroll.

Di sini, penyelidikan difokuskan pada tiga pebalap yaitu Romain Grosjean, Sergio Perez, Nicholas Latifi. Ketiganya diduga sengaja memperlambat laju mobilnya yang bisa menimbulkan situasi berbahaya. Insiden itu bermula saat pebalap sekaligus juara bertahan Lewis Hamilton melewati tikungan Parabolica.

Michael Masi selaku Race Director Formula 1 telah memperingatkan semua pebalap untuk memaksimalkan catatan waktu mereka. Tentunya, ini berarti bahwa FIA mengharuskan semua pebalap untuk tidak memperlambat laju mobil secara sengaja. FIA pun menegaskan akan memberikan sanksi bagi pembalap yang dianggap membahayakan pembalap lain.

Perlu diketahui, kejadian ini mirip dengan insiden tahun lalu yang membahayakan pebalap lain. Tentunya, FIA ingin menghindari terulangnya insiden aneh di sesi kualifikasi F1 Italia tahun lalu. Saat itu, para pebalap terlibat aksi menunggu satu sama lain meluncur dari pebalap di depannya. Mereka yang paling depan juga tidak ingin pembalap di belakang tergelincir.

Tidak hanya itu, sejumlah pebalap di belakang yang sebenarnya ingin mencetak waktu tercepat terhalangi karena trek penuh berjajar di depan. Alhasil, banyak pebalap yang gagal mempertajam catatan waktunya karena periode kualifikasi sudah habis.

Terbaru  Bos Ferrari Akan Lakukan Perubahan Minor Tim Menjelang F1 GP Rusia

Memperlambat laju jet darat pada sirkuit balapan Grand Prix tentu bukanlah suatu hal yang wajar. Tentunya, semua pebalap berambisi untuk menang sedangkan memperlambat laju mobil adalah kebalikan dari balapan. Wajar jika FIA mencurigai ada sesuatu yang ganjil dibalik kelakuan sejumlah pebalap yang kompak memperlambat mobil balap mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *