Brembo Penyedia Rem MotoGP Beri Klarifikasi Terkait Insiden Vinales di GP Styria
Brembo Penyedia Rem MotoGP Beri Klarifikasi Terkait Insiden Vinales di GP Styria

Brembo Penyedia Rem MotoGP Beri Klarifikasi Terkait Insiden Vinales di GP Styria

Brembo Penyedia Rem MotoGP Beri Klarifikasi Terkait Insiden Vinales di GP Styria

Balapan Styria MotoGP 2020 merupakan salah satu seri balapan yang terngiang bagi Maverick Vinales. Pada seri kelima MotoGP musim ini, pebalap Monster Energy Yamaha tersebut mengalami insiden yang cukup parah hingga membuatnya harus mengakhiri balapan lebih cepat. Alhasil, ini merupakan pertama kalinya ia gagal baik dalam mencetak poin atau dan menyelesaikan balapan.

Insiden itu terkait dengan kegagalan rem yang digunakan Vinales saat balapan. Diketahui, rem motor YZR-M1 miliknya patah dan Vinales terpaksa turun dari kuda besinya untuk menyelematkan diri. Terkait insiden tersebut, balapan MotoGP Styria 2020 dihentikan sementara sebab motor Yamaha tersebut menabrak tembok pembatas dan terbajar.

Bisa dipastikan, insiden tersebut terjadi karena kerusakan rem sepeda motor yang digunakan Vinales. Rem tersebut menggunakan peranti rem bekas atau keluaran 2019. Massimo Meregalli selaku Direktur Tim Monster Energy Yamaha mengaku Vinales menggunakan kit rem MotoGP versi lama.

Tentunya, semua pihak mempertanyakan mengapa Vinales memilih pilihan tersebut. Perlu diketahui, Brembo selaku official provider perangkat rem MotoGP telah memberikan rem edisi terbaru (2020) kepada semua tim.

Ternyata, Meregalli memasang rem tersebut hanya pada Valentino Rossi, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Artinya, Vinales menjadi satu-satunya pebalap Yamaha yang menggunakan kit rem lama.

Keputusan tersebut kembali membuat berbagai pihak bertanya-tanya tentang perlakuan Yamaha yang tidak sama kepada Vinales. Sebagai pihak yang terkait, Brembo menjelaskan bahwa semua itu adalah pilihan masing-masing tim.

Brembo selaku sponsor utama dalam hal pengereman selalu memberikan pendapatnya di setiap balapan terkait pemilihan peranti rem. Pada akhirnya setiap tim dan pembalap yang menentukan. Singkat kata, Brembo tidak bisa berbuat banyak ketika pembalap dan timnya memutuskan untuk menggunakan peranti rem lama. Meskipun benar kit rem terbaru pasti lebih baik karena sudah diperbarui.

Terbaru  MotoGP Styria 2020: Yamaha Menjawab Persoalan Rem Standar Vinales

“Tim dan pembalaplah yang menentukan spesifikasi rem apa yang akan digunakan di setiap balapan tergantung dari pengaturan motor yang digunakan, karakteristik sirkuit, dan perasaan yang dimiliki pembalap. Setiap tim bebas memasang pilihan rem terbaik di setiap balapan. Tiap tahun mereka pesan kaliper, cakram, main cylinder dan lainnya sebanyak-banyaknya dari kami.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *