Nissan Luncurkan Teknologi Pengereman Cerdas Cegah Tabrakan
Nissan Luncurkan Teknologi Pengereman Cerdas Cegah Tabrakan

Nissan Luncurkan Teknologi Pengereman Cerdas Cegah Tabrakan

 Nissan Luncurkan Teknologi Pengereman Cerdas Cegah Tabrakan

Teknologi mobil semakin berkembang dan ada pengereman pintar dari Nissan untuk mencegah tabrakan. Bisa dikatakan, teknologi mobil terus berkembang dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sebut saja, Tesla pernah meluncurkan teknologi satu pedal gas ke mobil listrik AutoPilot dari Tesla. Kali ini, Nissan Jepang telah mengembangkan sistem pedal pada mobilnya.

Dari ketiga pedal tersebut, hanya akan ada satu pedal. Hal ini juga bekerja dengan sistem pengereman cerdas Nissan. Teknologi tersebut diklaim dapat membuat pengguna mengendarai mobil lebih mudah dan nyaman.

Hiroko, selaku Chief Marketing Manager PT Nissan Motor Indonesia (NMI) pada Rabu, 9 September 2020 mengatakan pabrikan memiliki fitur Intelligent Emergency Braking (IEB). Sehingga nantinya bisa membantu pengemudi mengerem dalam situasi darurat, terutama untuk menghindari tabrakan. Hal ini terjadi karena IEB dapat memantau keadaan di depan mobil.

Ia mengatakan, NMI memperkenalkan teknologi ini pada ajang Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) 2020, tepatnya di segmen Car Tech Update IOOF 2020 pada Jumat 28 Agustus 2020 lalu. “Jika risiko tabrakan dianggap terlalu tinggi, Intelligent Emergency Braking atau IEB akan melakukan pengereman ringan. Atau pengereman darurat sesuai tingkat resikonya tadi,” tambahnya.

Perlu diketahui, IEB bekerja dengan menggunakan kamera yang terletak di bagian atas kaca depan. Tentunya, kamera tersebut bekerja untuk mendeteksi keberadaan kendaraan lain dan pejalan kaki disekitarnya. Selain itu, kamera ini juga sekaligus mengukur jarak mobil dari kendaraan dan pejalan kaki pada kecepatannya saat itu.

Dengan kata lain, jika risiko tabrakan terdeteksi, sistem IEB akan memberi tahu pengemudi. Sistem ini bekerja dengan menampilkan ikon peringatan di layar serta menggunakan suara peringatan.

Terbaru  Suzuki Mulai Produksi Mobil Baru SUV Vitara dan Wagon R Tahun Depan

“Jika pengemudi tetap tidak melakukan tindakan untuk memperlambat dan risiko tabrakan lebih besar, maka IEB akan melakukan pengereman darurat secara otomatis,” jelas Hiroko.

Sementara itu, IEB merupakan salah satu dari beberapa sistem Nissan yang mampu membuat mobil menjadi Anti-Nabrak. Sistem kedua yang dimaksud adalah Intelligent Forward Collision Warning System (IFCWS). Fitur ini bertugas mendeteksi pergerakan mobil di depannya di jalur yang sama.

IFCW dan IEB bisa ditemui di All New Nissan Kicks e-POWER yang meluncur di Indonesia. Isao Sekiguchi selaku Direktur Utama NMI mengatakan perkembangan teknologi ini merupakan salah satu langkah menuju elektrifikasi di Indonesia.

“Peluncuran Kicks e-POWER menandai era baru. Dimana Nissan menghadirkan teknologi e-POWER yang inovatif. Ini merupakan langkah berani Nissan dalam elektrifikasi di Indonesia,” ujar Sekiguchi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *