KTM Akan Memproduksi Mesin Super Untuk Menangkan MotoGP 2021
KTM Akan Memproduksi Mesin Super Untuk Menangkan MotoGP 2021

KTM Akan Memproduksi Mesin Super Untuk Menangkan MotoGP 2021

KTM Akan Memproduksi Mesin Super Untuk Menangkan MotoGP 2021

Setelah dua kali menjuarai MotoGP 2020 pada kelima seri balapan yang digelar, KTM berhasil menunjukkan hasil yang memuaskan. Brad Binder berhasil memenangkan GP Republik Ceko dan Miguel Oliveira berhasil menang di GP Styria serta memborong hadiah langsung mobil BMW. Tentu, ini merupakan sebuah kebanggaan bagi tim KTM yang berhasil mengalahkan pabrikan besar seperti Honda, Yamaha, serta Ducati.

Beredar kabar bahwa KTM akan diizinkan mengembangkan mesin super untuk MotoGP 2021. Hal ini bisa terjadi karena mereka baru saja kehilangan hak konsesinya setelah kemenangan yang diraih oleh Brad Binder (MotoGP Republik Ceko 2020) serta Miguel Oliveira (MotoGP Styria 2020).

Kabar ini membuat sejumlah tim peserta MotoGP 2020 ketakutan dengan wacana pemberian hak pengembangan mesin kepada pabrikan KTM. Tentunya, pabrikan asal Austria tersebut diyakini bakal memproduksi mesin super yang bisa menjadi keunggulan tersendiri. Dengan kemampuan mesin yang super, KTM tentu akan memiliki nilai tambah untuk memenangkan balapan MotoGP musim depan.

Seperti diketahui, MotoGP telah menetapkan aturan pembekuan pengembangan mesin dan perangkat aerodinamis hingga Kejuaraan Dunia 2022. Artinya, mesin dan perangkat aerodinamis yang sudah dihomologasi di Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 akan digunakan untuk musim depan.

Kebijakan tersebut membuat sejumlah tim ketir-ketir. Hal ini terbukti, seorang perwakilan tim yang namanya dirahasiakan membocorkan kebihakan baru ini ke media. Ia khawatir KTM bisa menghasilkan mesin yang benar-benar baru di MotoGP 2021 dan ini menjadi keunggulan tersendiri.

Dilansir dari Motorsport, tim KTM menyatakan pada Selasa, 1 September 2020, “Kami yakin KTM sedang mempersiapkan mesin super untuk MotoGP 2021. Tidak seperti yang lain, mereka diperbolehkan membuka dan menyentuh mesin tanpa batasan. Bahkan, mereka bisa membuat mesin baru jika mereka mau.”

Terbaru  MotoGP Spanyol Update: Alex Marquez Jadi Andalan Tunggal Repsol Honda

Hal ini bermula dari pengajuan proposal oleh MotoGP Manufacturers Union (MSMA). Dalam proposal tersebut, KTM berhasil mendapatkan tambahan dua mesin. Penambahan itu disampaikan setelah mereka mengeluhkan keandalan mesin produksi 2020. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan sembilan unit mesin pada balapan 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *