Honda Sudah Siapkan Semua Mobil Antisipasi Penghapusan BBM Premium
Honda Sudah Siapkan Semua Mobil Antisipasi Penghapusan BBM Premium

Honda Sudah Siapkan Semua Mobil Antisipasi Penghapusan BBM Premium

Honda Sudah Siapkan Semua Mobil Antisipasi Penghapusan BBM Premium

Wacana penghapusan bahan bakar minyak premium (BBM) atau RON 88 asal Indonesia kembali menjadi perbincangan. Tentunya, wacana tersebut menuai komentar pro dan kontra. PT Honda Prospect Motor (HPM) ikut mengambil peran merespon kondisi tersebut. Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor menjelaskan bahwa mobil Honda siap mendukung segala kebijakan pemerintah.

“Kami melihat wacana peraturan pemerintah ini (penghapusan BBM Premium) sebagai upaya pengurangan karbon dan peningkatan penggunaan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, sehingga berdampak lebih positif bagi lingkungan,” kata Billy.

Namun, Yusak Billy menjelaskan, jika wacana ini diterapkan oleh Honda maka akan memastikan setiap unit kendaraan Honda di Indonesia sudah siap.

“Saat ini semua mobil Honda sudah menggunakan standar Euro 4, jadi disarankan menggunakan bahan bakar di atas RON 91. Jadi, tidak perlu penyesuaian mobil Honda jika aturan diterapkan,” imbuh Billy.

BBM dengan RON 88 alias Premium memang sudah lama dikabarkan akan ditiadakan di Indonesia. Namun nyatanya hingga saat ini BBMW RON 88 masih ada di Indonesia, bahkan dengan munculnya wacana bahwa peran BBM Premium akan berakhir dibantah oleh VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman.

Fajriyah menjelaskan saat ini Pertamina masih menyediakan dan menyalurkan BBM Premium yang merupakan penugasan dari pemerintah.

Fajriyah Usman selaku Vice President Corporate Communication Pertamina menyatakan,.“Berdasarkan penugasan Pemerintah, Pertamina saat ini mendistribusikan dan memberikan Premium di Indonesia.”

Penugasan pendistribusian BBM jenis Premium tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 dan Keputusan Menteri ESDM Nomor 1851 K / 15 / MEM / 2018. PT Pertamina (Persero) berkomitmen untuk melakukan yang terbaik kemungkinan penugasan dengan mendistribusikan dan memberikan Premium di 4.700 outlet / SPBU yang tersebar di seluruh Indonesia, selain jenis BBM lainnya.

Terbaru  Tesla Luncurkan Kunci Penyimpanan Sentry Mode, TeslaCam di Glovebox

Terkait wacana penghapusan BBM Premium ini sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O, bensin yang harus untuk dijual ke umum harus mengandung minimal RON 91.

“Sesuai kesepakatan antara dunia dan pemerintah, setiap negara berupaya untuk mengurangi emisi karbon dan mengurangi pencemaran udara, salah satunya dengan menggunakan bahan bakar yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan. Seperti yang sudah kita rasakan sejak PSBB, langit biru dan udara adalah lebih baik, untuk itu kami akan mendorong masyarakat untuk menggunakan produk yang lebih berkualitas, ”pungkas Fajriyah Usman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *