Toyota dan Honda Uji Coba Mobil Pemasok Listrik Moving-e
Toyota dan Honda Uji Coba Mobil Pemasok Listrik Moving-e

Toyota dan Honda Uji Coba Mobil Pemasok Listrik Moving-e

Toyota dan Honda Uji Coba Mobil Pemasok Listrik Moving-e

Dua raksasa pabrikan otomotif, Honda dan Toyota mengumumkan pada Senin, 31 Agustus 2020 kemarin bahwa keduanya akan bekerjasama dalam menguji coba Moving-e. Pihaknya menjelaskan bahwa Moving-e adalah mobil pemasok listrik untuk area bencana. Tentunya, Moving-e bukan merupakan mobil listrik yang berbentuk mini serta futuristik.

Jika dilihat, Moving-e tersebut adalah sebuah bus berbahan bakar hidrogen yang berisi perangkat pemasok listrik portable bernama Honda’ Power Exporter 9000. Perangkat tersebut memakai dua jenis baterai portabel Honda, LiB-AID E500, serta Honda Mobile Power Pack (MPP).

Kabarnya, kedua perusahaan tersebut akan menguji dan memverivikasi keefektifan sistem distribusi listrik untuk berbagai kegunaan. Sebut saja, fungsi tersebut bisa digunakan untuk bisnis di area perkotaan. Pada praktiknya sendiri, bus Moving-e ini akan diisi daya listrik. Kemudian, bus tersebut akan berpindah ke lokasi yang membutuhkan listrik, khususnya area bencana.

Beberapa hal yang menjadi sorotan adalah bus tersebut dapat menggunakan bahan hidrogen. Bahan tersebut akan digunakan untuk mengisi baterai portabel maupung untuk langsung digunakan. Di sini, Moving-e adalah perkembangan dari bus Toyota FC yang dilengkapi dengan tangki hidrogen yang memiliki tekanan tinggi. Perlu diketahui, bus versi Movong-e dapat memuat kapasitas hidrogen dua kali lupat dari ukuran biasa.

Padaruang kabin bus, terdapat kotak-kotak baterai. Selain itu, bus tersebut juga memiliki ruang istirahat yang diperlukan untuk kondisi darurat, seperti halnya lokasi evakuasi sementara. Bisa dikatakan, Toyota menghadirkan beberapa fitur pada bus pemasok listrik tersebut. Yang pertama, ada alat pengisian daya yang diciptakan oleh Toyota.

Kedua, bus tersebut juga memiliki Honda’s Power Exporter 9000 portable external power output device. Ketiga, bus pemasok listrik juga dibekali dengan dua baterai portabel Honda: LiB-AID E500 dan Mobile Power Pack (MPP). Dan, fitur yang terakhir adalah alat pengisian daya khusus untuk MPP.

Terbaru  Wuling Motors Luncurkan Mobil MPV Cortez Type S di Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *