Fabio Quartararo Blak-Blakan Sebut Tim Yamaha Dalam Bencana di MotoGP 2020
Fabio Quartararo Blak-Blakan Sebut Tim Yamaha Dalam Bencana di MotoGP 2020

Fabio Quartararo Blak-Blakan Sebut Tim Yamaha Dalam Bencana di MotoGP 2020

Fabio Quartararo Blak-Blakan Sebut Tim Yamaha Dalam Bencana di MotoGP 2020

Nama pebalap Fabio Quartararo sempat tidak hentinya disebut-sebut dalam dua balapan pertama MotoGP 2020. Pasalnya, pebalap tim Yamaha tersebut berhasil memenangkan balapan dua kali berturut-turut. Kemenangan pertama diraih di GP Spanyol dan kedua di GP Andalusia. Namun, GP Ceko menjadi titik balik kekuatan tim Yamaha yang dinilai menurun drastis.

Quartararo bahkan secara blak-blakan menyebut bahwa dirinya kehilangan kepercayaan diri untuk menjuarai balapan MotoGP musim ini. Hal ini terjadi lantaran tim Yamaha sedang berada dalam bencana yang cukup besar. Hal ini juga beberapa kali diungkapkan secara eksplisit oleh Maverick Vinales dan Valentino Rossi yang merupakan tim Monster Energy Yamaha.

Fabio sendiri menilai bahwa performa awal tim satelit Petronas Yamaha SRT sangat memesona dengan dominasi juara. Namun, seiring berjalannya seri-seri selanjutnya, Quartararo bahkan tidak mampu finis dalam posisi lima besar.

Sebut saja, balapan seri terakhir MotoGP Styria kemarin, Minggu, 23 Agustus 2020. Pebalap Petronas tersebut mengeluhkan motor yang memiliki banyak sekali masalah. Motor YZR M1 yang sebelumnya sempat ditunggangi Valentino Rossi, itu bermasalah dengan sistem pengereman. Ini membuatnya harus finis di posisi ke-13. Sejumlah pebalap lain pada tim yang sama juga mengeluhkan hal ini.

Untuk saat ini, Quartararo masih menjadi penguasa klasemen sementara dengan jumlah poin 70. Namun, posisinya sangat terancam dengan keberdaan Andrea Dovizioso yang berada di urutan kedua.

Sudah menjadi pengetahuan publik jika Yamaha krisis mesin serta pengereman. Yamaha benar-benar berada dalam bencana besar yang akan membuat tim hancur pada balapan musim ini jika tidak segera menyelesaikan berbagai masalah tersebut.

“Kami berjuang untuk meraih gelar juara dunia, tapi saya mulaitak percaya diri di Jerez walaupun balapan baik-baik saja. sementara saat ini semua pembalap Yamaha tengah menderita karena memiliki berbagai masalah,” ujar Fabio

Terbaru  FP2 MotoGP Andalusia: Nakagami Tercepat, Yamaha Semakin Melambat

“Yamaha dalam bencana besar, dan tidak mungkin untuk memperebutkan gelar dengan inkonsistensi dan juga masalah seperti ini. Motor M1 memiiki masalah di banyak area terutama pengereman. Yamaha harus segera memperbaiki masalah dan menanggapi permintaan kami,” tambahnya.

Serangkaian masalah demi masalah yang harus diahadapi Quartararo membuat pebalap Perancis tersebut pesimis untuk meraih hasil memuaskan pada MotoGP San Marino pada 13 September mendatang. Padahal, trek di sirkuit San Marino tersebut dinilai bagus untuk tim Yamaha. Kembali lagi, mesin dan pengereman adalah masalah utama, bukan pebalap maupun sirkuit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *