MotoGP Styria 2020: Miguel Juara, KTM Resmi Kehilangan Hak Konsesi
MotoGP Styria 2020: Miguel Juara, KTM Resmi Kehilangan Hak Konsesi

MotoGP Styria 2020: Miguel Juara, KTM Resmi Kehilangan Hak Konsesi

otoGP Styria 2020: Miguel Juara, KTM Resmi Kehilangan Hak Konsesi

Setelah kemenangan Miguel Olveira yang berhasil membawa pulang mobil BMW dari MotoGP Styria kemarin, kini tim KTM resmi harus kehilangan hak konsesinya. Hak konsensi sendiri merupakan hak tes secara tidak terbatas yang diberikan kepada pabrikan baru yang bergabung dengan MotoGP sejak 2013.

Selain itu, hak konsesi juga diberikan kepada tim yang belum pernah menang selama periode tersebut. Setelah memenangkan balapan yang diadakan di Sirkuit Red Bull Ring tersebut, semua pebalap KTM kini hanya dapat mengikuti res resmi yang digelar oleh MotoGP. Untuk saat ini, KTM memiliki izin memilih tiga sirkuit yang akan digunakan oleh test rider mereka.

Sebelumnya, tim KTM yang masih memegang hak konsensi memiliki kesempatan untuk melakukan tes di trek manampun yang mereka sukai. Kemudian, tim KTM jugamemiliki enam wildcard sepanjang musim MotoGP 2020 ini. Untuk terus mendapatkan hak tersebut, pabrikan tersebut tidak boleh meraih skor lebih dari enam poin selama periode dua tahun.

Jika batas tersebut telah terlewati dalam dua tahun balapan, maka poin mereka akan kembali ke angka nol. Selain itu, perhitungan poin berdasarkan prestasi yang berhasil diraih seperti tiga poin untuk pebalap yang finis pertama. Kemudian, untuk pebalap runner up akan mendapatkan dua poin, dan satu poin untuk pebalap yang finis di posisi ketiga.

Tentunya, ambisi tim KTM untuk menang sudah tidak diragukan lagi. Beberapa pebalap ternama seperti Valentino Rossi dan Fabio Quartararo juga menyebut bahwa tim KTM sangat berpeluang untuk memenangkan balapan musim ini. Hal ini dapat dibuktikan dari performa semua pebalap yang selalu meningkat. Pada balapan kemarin saja, Minggu, 23 Agustus 2020, dua pebalap KTM berada di posisi pertama dan ketiga.

Terbaru  Dikritik Sejumlah Pembalap, Michelin Siapkan Rencana Khusus MotoGP San Marino

Pabrikan besar seperti Honda dan Yamaha bahkan hampir tidak memiliki peluang untuk menempatai posisi tiga besar semenjak GP Andalusia yang lalu. Salah satu yang menyebabkan ini terjadi adalah krisis mesin yang dialami Yamaha. Terlebih, Maverick Vinales kembali mendapati mesin terbakar pada GP Styria. Tim Yamaha benar-benar harus memainkan strategi agar mesin cukup untuk balapan pada sembilan seri kedepan.

Tentu, ini akan membuat peluang KTM untuk menang menjadi besar sejak Yamaha mengurangi power motor semua pebalap Monster Energy Yamaha. Selain itu, Honda juga masih nampak kehilangan semangat sejak kepergian Marc Marquez yang sibuk dengan pemulihan lengan kanannya yang patah dan membengkak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *