MotoGP Styria 2020: Alex Rins Persoalkan Vinales Tetap Balapan Saat Rem Bermasalah
MotoGP Styria 2020: Alex Rins Persoalkan Vinales Tetap Balapan Saat Rem Bermasalah

MotoGP Styria 2020: Alex Rins Persoalkan Vinales Tetap Balapan Saat Rem Bermasalah

MotoGP Styria 2020: Alex Rins Persoalkan Vinales Tetap Balapan Saat Rem Bermasalah

Balapan yang digelar pada Minggu, 23 Agustus lalu masih menyisakan beberapa emosi bagi sejumlah pebalap. Beberapa dari mereka bahagia dengan performa masing-masing yang mengalami peningkatan. Sedangkan, tidak sedikit dari mereka juga harus bersedih karena memiliki beberapa kendala. Sebut saja Maverick Vinales yang untuk pertama kalinya gagal mencetak poin akibat tidak mampu menyelesaikan balapan.

Alex Rins selajy pebalap Suzuki yang tampil memukau dengan kecepatan luar biasa mempersoalkan sikap Vinales. Alex menganggap Vinales sengaja tetap melanjutkan balapan meski tahu bahwa rem sedang bermasalah. Pebalap Suzuki tersebut meyakini bahwa semua pebalap pasti dapat merasakan jika rem bermasalah. Salah satu cirinya adalah bantalan rem dan kaliper yang menjadi sangat panas.

“Masalah yang dimiliki Maverick, jika saya tidak salah, adalah semua pembalap menjadi sangat panas pada bantalan rem dan kaliper di balapan terakhir. Brembo membawa yang lebih besar untuk balapan ini,” kata Rins.

Selain itu, Alex juga menambahkan jika Joan Mir dan Maverick Vinales adalah pebalap yang memakai konvensional lebih kecil. Artinya, keduanya sudah dapat diprediksi akan kehabisan kampas rem di tengah balapan. Namun, Alex keheranan dengan langkah yang diambil pebalap Monster Energy Yamaha tersebut yang tidak langsung berhenti pada pit sesaat setelah melambaikan tangan meminta bantuan.

“Tapi, kalau Maverick sudah beberapa lap tahu kalau remnya habis, sehingga mengangkat tangannya, biasanya dia harus masuk pit lebih awal. Saya tidak mengerti kenapa dia harus terus balapan. Pasti akan kami bahas pada rapat Komisi Keselamatan berikutnya,” tambah Rins.

Alex Rins sendiri merupakan pebalap yang menduduki posisi keempat pada balapan MotoGP Styria. Sedangkan posisi terdepan diisi oleh Miguel Oliveira, Jack Miller, dan Pol Espargaro.

Terbaru  Brembo Penyedia Rem MotoGP Beri Klarifikasi Terkait Insiden Vinales di GP Styria

Bisa dikatakan, Maverick mengambil keputusan yang fatal pada balapan kemarin. Ini mengakibatkan motornya tidak dapat dikemdalikan sehingga Vinales harus mengambil langkah penyelamatan dengan loncat dari motor pada kecepatan 230 km per jam. Tentu, langkah ini juga beresiko jika salah posisi. Kemudian, motor Yamaha tersebut menabrak pembatas lintasan Sirkuit Red Bull Ring hingga terbakar.

Untuk selanjutnya, pihak penyelenggara bersama semua pebalap dan tim akan mendiskusikan insiden yang dialami Vinales pada rapat Komisi Keselamatan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *