Esemka Mulai Produksi Garuda 1, Mobil Listrik, dan Anti-Peluru Bersama PT Pindad
Esemka Mulai Produksi Garuda 1, Mobil Listrik, dan Anti-Peluru Bersama PT Pindad

Esemka Mulai Produksi Garuda 1, Mobil Listrik, dan Anti-Peluru Bersama PT Pindad

Esemka Mulai Produksi Garuda 1, Mobil Listrik, dan Anti-Peluru Bersama PT Pindad

Pabrikan Esemka mengumumkan akan memproduksi mobil Garuda 1 serta mobil listrik dan antipeluru. Kabar ini didapat dai Sabar Budhi yang merupakan Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang membenarkan bahwa mobil jenis SUV Esemka Garuda 1 telah diproduksi di Boyolali, Jawa Tengah.

Namun, pihaknya belum memberikan keterangan lanjut mengenai mobil tersebut khususnya dari segi harga. Perlu diketahui, sejumlah kendaraan prototipe termasuk Garuda 1 akan diluncurkan pada 6 September 2020 mendatang. Pada waktu yang sama, perusahaan tersebut akan meluncurkan mobil Esemka Bima 1, 2, dan 3 sebagai peluncuran perdana.

Esemka Garuda 1 sendiri merupakan mobil yang muncul pada lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2020. Kabarnya, mobil tersebut dibanderol seharga 300 juta rupiah.

Jika dilihat, Esemka Garuda 1 muncul di nomor urut kendaraan penumpang 4×2 dengan keterangan Garuda 1 2.0 M/T tahun produksi 2020 dengan harga Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Rp 265 juta dan DP PKB Rp 278,25 juta. NJKB merupakan harga kosong, sebelum dikenakan pajak.

Selain mobil Bima dan Garuda 1, Esemka dikabarkan akan mengembangkan beberapa model lain. Salah satu diantaranya adalah double cap atau pikap Digdaya yang memiliki tenaga listrik. Mobil ini merupakan kerjasama antara PT Pindad dan Esemka. Selain itu, keduanya juga berencana untuk memproduksi mobil khusus VVIP berstadar militer atau anti-peluru.

Mobil VVIP tersebut adalah mobil SUV yang berwarna hitam dengan logo Moose di bagian depan dan Armored by Esemka di bagian belakang. Ini merupakan mobil yang dikembangkan dari basis Volvo CX90.

Eddy Wijaya selaku Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka menyatakan bahwa mobil tersebut diklaim memiliki tingkat kemanan tinggi serta anti peluru. Sementara, Esemka Garuda 1 memiliki kemiripan dengan Foday Landford yang tidak menggunakan mesin 2,4 liter melainkan 2,0 liter.

Terbaru  SYM Akan Luncurkan Skutik Joymax Z300 untuk Saingi Yamaha XMax

Pada Kamis, 4 Aptils 2020 menyatakan, “Kalau untuk (kendaraan) VVIP, mestinya (memiliki) armor, kendaraan tahan peluru itu, Pindad juga punya kompetensi itu juga. Jauh lebih punya kompetensi itu dibanding kendaraan komersial. Tapi untuk membangun sendiri, tentu masih perlu ada kajian. Masih perlu ada pertemuan-pertemuan, diskusi lebih detil membahas itu. Kalau Dirut menyatakan ada inisiatif itu, tinggal kita maju lebih jauh lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *