MotoGP Styria 2020: Zarco Resmi Dapat Penalti Karena Picu Kecelakaan GP Austria
MotoGP Styria 2020: Zarco Resmi Dapat Penalti Karena Picu Kecelakaan GP Austria

MotoGP Styria 2020: Zarco Resmi Dapat Penalti Karena Picu Kecelakaan GP Austria

MotoGP Styria 2020: Zarco Resmi Dapat Penalti Karena Picu Kecelakaan GP Austria

Terkait kerusuhan yang ditimbulkan pada sejumlah pebalap akibat keceakaan GP Austria kemarin, Minggu, 16 Agustus 2020, FIM selaku penyelenggara akhirnya mengambil keputusan tegas. Johann Zarco selaku pebalap Reale Avintia Ducati difonis bersalah dan harus menerima sanksi berat atas tindakan tidak terpujinya yang menyebabkan kecelakaan hingga mencederai bahkan hampir merenggut nyawa sejumlah pebalap lain.

Sanksi ini dilayangkan kepada Zarco karena terbukti sengaja membuat situasi rawan kecelakaan. Berdasarkan hasil analisa, pebalap asal Perancis tersebut melaju dengan sangat kencang sebelum bertabrakan dengan Franco Morbidelli. Pebalap Ducati tersebut mengerem pada kecepatan 300km perjam guna mengjalangi Morbidelli yang ingin menyalipnya.

Tentunya, kedua motor bertabrakan dengan sangat keras hingga motor melayang liar membuat kedua pebalap terpental dan jatuh di atas gravel. Selain menimpa pebalap yang terkait, kecelakaan ini juga membahayakan nyawa Valentino Rossi dan rekannya, Maverick Vinales. Betapa tidak, motor Morbidelli dan Zarco secara bergantian terbang bebas ke arah kepala dan tubuh kedua pebalap Monster Energy Yamaha tersebut.

Jika saja Rossi dan Vinales melaju lebih cepat atau lambat sedikit saja, keduanya mungkin terhantam motor yang terbang bebas. Kedua motor tersebut berakhir dengan kondisi mengenaskan yang hancur berkeping-keping. Selain itu, Morbidelli mengalami cedera ringan, Rossi dan Vinales mengalami trauma ringan yang membuat tangannya bergetar hebat. Zarco sendiri harus menjalani operasi akhibat pergelangan tangan kanan yang patah.

Rossi tidak tinggal diam sehingga menuntut Zarco agar dihukum seberat-beratnya. Selain itu, Morbidelli yang terlibat insiden juga menyebutnya sebagai pebalap setengah pembunuh.

FIM, setelah mempertimbangkan matang-matang, menjatuhkan hukuman kepada Zarco karena keteledorannya. Hukuman ini bertujuan untuk memberikan efek jera supaya tidak ada pebalap yang mengulangi aksi konyol tersebut. Pada balapan MotoGP Styria besok, Zarco dipenalti untuk start balapan pada posisi pitlane. Ini akan membuatnya sangat sulit untuk memenangkan balapan karena harus memulai dari belakang.

Terbaru  MotoGP Austria 2020: Hampir Renggut Nyawanya, Rossi Tuntut Zarco Dihukum Berat

Berikut bunyi pernyataan FIM, “Usai insiden saat balapan MotoGP Austria yang melibatkan Johann Zarco dan Franco Moridelli yang berakhir dengan red flag, Panel Stewards MotoGP FIM mengadakan audiensi pada Kamis 20 Agustus dengan melibatkan kedua pembalap.”

Kemudian, pihak FIM mencetuskan sanksi bagi Zarco, “Setelah dievaluasi, diputuskan bahwa ada bukti pembalap yang harus bertanggung jawab, yakni Johann Zarco. Ini menyebabkan pemberian penalti kepadanya. Pembalap asal Prancis tiu akan emulai balapan berikutnya di MotoGP dari pitlane.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *