Jadwal FP1 dan FP2 MotoGP Styria 2020: Johann Zarco dan Marc Marquez Absen
Jadwal FP1 dan FP2 MotoGP Styria 2020: Johann Zarco dan Marc Marquez Absen

Jadwal Lengkap MotoGP Styria 2020: Johann Zarco dan Marc Marquez Absen

Jadwal Lengkap MotoGP Styria 2020: Johann Zarco dan Marc Marquez Absen

Sore hari ini, sesi latihan bebas atau Free Practice (FP) sesi pertama dan kedua akan digelar pada pukul 14:45 hingga 19:55 WIB. Latihan bebas tersebut akan kembali digelar di Sirkuit Red Bull Ring. Pada sesi balapan, pebalap terbaik akan terpilih untuk langsung terjun pada tahap kualifikasi kedua (Q2) guna memperebutkan posisi pole pada balapan akhir pekan ini. MotoGP Styria sendiri merupakan balapan seri kelima MotoGP musim ini.

Namun, sejumlah pebalap dikabarkan absen pada kedua sesi balapan yaitu Marc Marquez dan Johann Zarco. Marquez sendiri memang diprediksi akan terus absen hingga awal bulan Septermber terkait insiden crash yang membuat tulang lengan kanan patah.

Kabar lain datang dari pebalap asal Perancis, Zarco yang pada seri sebelumnya mengalami kecelakaan hebat dengan Franco Morbidelli. Kabarnya, pebalap tim Reale Avintia Racing tersebut harus menunggu 48 jam setelah menjalani operasi pergelangan tangan yang patah.

Zarco mengaku, ia terpaksa mengerem pada saat Morbidelli akan menyalip dirinya lantaran jalurnya terlalu melebar. Namun, pengereman tersebut membuat motor Morbidelli menabrak motor Zarco dan berakhir pada kecelakaan tragis. Keduanya terpental jauh ke gravel, sedang kedua motor melayang bebas hingga hampir mengenai kepala dan tubuh Rossi serta Vinales. Insiden yang hampir membuat nyawa kedua pebalap Monster Energy Yamaha tersebut tentu dinilai fatal.

Operasi yang dijalani Zarco dilakukan pada Rabu, 19 Agustus 2020 kemarin. Profesor Catani merupakan Drektur Ortopedi dan Traumatologi yang sekaligus menangani operasi tersebut bersama dengan Profesor Luigi Tarallo serta dokter Andrea Marcovigi. Tentunya, Zarco diharapkan belajar dari kesalahan Marquez yang turun ke lintasan selang empat hari setelah operasi.

Terbaru  Hasil FP3 MotoGP San Marino 2020: Dari Posisi ke-15, Valentino Finis Pertama

Alhasil, kondisi lengan semakin parah hingga menyebabkan pelat titanium penyangga lengan patah. Tangan kanannya semakin membengkak sehingga ia harus menjalani operasi kedua dan mengulang proses pemulihan dari awal. Kini, ia terancam kehilangan gelar juara bertahan sebab pebalap dengan julukan The Baby Alien tersebut belum mencetak poin sama sekali. Selain itu, dengan meninggalkan balapan pada kelima sesi awal, ini membuatnya mustahil untuk kembali memenangkan balapan.

Balapan Moto Grand Prix Styria diprediksi akan memunculkan persaingat lebih sengit dari MotoGP Austria kemarin. Hal ini terjadi lantaran pemenang akan langsung mendapatkan mobil mewah BMW yang merupakan sponsor balapan seri kelima tersebut.

Valentino Rossi sendiri telah mewanti-wanti pebalap lain agar dapat menghargai lawan dengan memikirkan keselamatan bersama. Ini berkaca dari kasus insiden Zarco yang dinilai agresif dan mendapatkan julukan setengah pembunuh oleh Morbidelli.

Jadwal Lengkap MotoGP Styria 2020:

Jumat, 21 Agustus 2020

FP 1, 14.55-15.40 WIB

FP 2, 19.10-19.55 WIB

Sabtu, 22 Agustus 2020

FP 3, 14.55-15.40 WIB

FP 4, 18.30-19.00 WIB

Q1, 19.10-19.25 WIB

Q2, 19.35-19.50 WIB

Minggu, 23 Agustus 2020

Race 19:00 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *