Menuju F1 GP Belgia: Sepuluh Tim Formula 1 Teken Kontrak Baru Hingga 2025
Menuju F1 GP Belgia: Sepuluh Tim Formula 1 Teken Kontrak Baru Hingga 2025

Menuju F1 GP Belgia: Sepuluh Tim Formula 1 Teken Kontrak Baru Hingga 2025

Menuju F1 GP Belgia: Sepuluh Tim Formula 1 Teken Kontrak Baru Hingga 2025

Menjelang Formula 1 Grand Prix Belgia digelar, sejumlah tim sepakat menandatangani Perjanjian Concorde pada Rabu, 19 Agustus 2020. Terdapat setidaknya 10 tim telah bergabung pada perjanjian tersebut. Ini akan membuat peserta balapan jet darat tidak akan berubah mulai 2021 hingga 2025.

Perlu diketahui, Perjanjian Concorde adalah kontrak antara FIA, F1 Group selaku promotor kejuaraan, dan tim-tim peserta Formula 1. Kontrak tersebut tentunya berisi berbagai syarat yang harus dipenuhi semua peserta, lengkap dengan wacana pembagian hasil keuntungan bisnis.

Biasanya, perjanjian ini diperbaharui setiap beberapa tahun sekali dan terakhir pada 2013. 2020 menjadi akhir dari perjanjian yang dibuat selama tujuh tahun lalu. Beberapa tim yang berpartisipasi diantaranya adalah Ferrari, Williams, dan McLaren telah menyetujuinya pada Selasa (18/8). Tujuh tim lain yakni Mercedes, Red Bull Racing, Renault, Racing Point, Haas, Alfa Romeo, serta AlphaTauri yang menyusul sehari kemudian.

Chase Carey, selaku CEO Formula 1 menyatakan, “Pada awal tahun, kami mengatakan bahwa Perjanjian Concorde mungkin akan memakan waktu lebih lama karena situasi pandemi COVID-19, namun sekarang kami senang karena di bulan Agustus ini kesepakatan dengan 10 tim telah tercapai mengenai rencana jangka panjang olahraga ini.”

Terhitung sejak 2022, penyelenggara akan memberlakukan kebijakan-kebijakan baru mengenai desain mobil, bahkan batas maksimal budget untuk tiap tim dalam melakukan pengembangan mobil balap. Kebijakan baru tersebut diharapakan menjadi daya tarik tersendiri bagi kompetisi untuk menarik lebih banyak penonton.

Carey menambahkan, “Para penggemar ingin melihat balapan yang ketat, aksi salip menyalip dan semua tim punya kans yang sama untuk naik podium. Perjanjian Concorde yang baru, bersama dengan peraturan untuk tahun 2022, akan menjadi fondasi untuk membuat hal tersebut menjadi kenyataan dan menciptakan keadilan finansial serta bisa menghilangkan kesenjangan antar tim peserta di trek.”

Terbaru  F1 GP Rusia 2020: Lewis Hamilton Akan Samai Rekor Michael Schumacher

Tidak bisa dipungkiri, Mercedes selalu mendominasi juara konstrukstur sejak balapan 2013 hingga balapan F1 2020 seri keempat lalu, Grand Prix Spanyol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *