MotoGP Austria 2020: Tabrakan Motor Hingga Remuk, Zarco Operasi Patah Tulang
MotoGP Austria 2020: Tabrakan Motor Hingga Remuk, Zarco Operasi Patah Tulang

MotoGP Austria 2020: Tabrakan Motor Hingga Remuk, Zarco Operasi Patah Tulang

MotoGP Austria 2020: Tabrakan Motor Hingga Remuk, Zarco Operasi Patah Tulang

Beberapa saat setelah kecelakaan MotoGP Austria 2020 lalu, Johann Zarco mengakui bahwa dirinya baik-baik saja dan hanya mengalami cedera ringan. Hal ini juga dikonfirmasi Franco Morbidelli yang terlibat insiden tabrakan dengan Zarco. Kedua pebalap tersebut terlihat tidak cedera parah dan mengumumkan akan lanjut untuk turun pada balapan MotoGP Styria pekan depan.

Namun, berita baru mengenai Zarco menyebar luas terkait lengan kanan yang patah tulang. Tentu saja, kejadian mengerikan tersebut membuat jantung penonton dan pebalap berdebar-debar. Zarco dan Franco bertabrakan di atas aspal Sirkuit Red Bull Ring pada 16 Agustus 2020 lalu.

Kedua pebalap masing-masing tim Reale Avintia Ducati dan Petronas Yamaha SRT tersebut terpental. Kedua motor melayang diatas aspal dan hampir merenggut nyawa Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Jika meleset sedikit saja, kedua motor tersebut mungkin sudah mengenai kepala atau bagian tubuh mereka.

Kabarnya, motor Desmosedici GP19 yang dikendarai Zarco remuk hancur tak berbentuk dan kocar-kacir di atas aspal. Tentu, insiden ini sangat fatal hingga membuat Grand Prix menghentikan balapan dengan dua red flag. Akibat kecelakaan tersebut, Morbidelli dibawa ke mobil medis. Beruntung, pebalap asal Italia tersebut dalam keadaan baik-baik saja tanpa cedera serius.

Berbeda dengan Zarco, pebalap asal Perancis itu engalami patah tulang di pergelangan tangan sebelah kanan. Dilansir dari Crash, Johann Zarco mengikuti pemeriksaan medis lebih lanjut pada Senin, 17 Agustus 2020. Dari hasil pemeriksaan tersebut, Zarco harus dioperasi untuk memulihkan kondisinya agar bisa kembali balapan pada akhir pekan nanti.

Zarco membenarkan berita tersebut, “Pada hari Senin saya melakukan beberapa pemeriksaan di pergelangan tangan kanan saya karena masih ada rasa sakit. Saya mengalami patah tulang kecil pada skafoid.”

Terbaru  MotoGP Aragon 2020: Dorna Sports Mundurkan Balapan Karena Suhu Dingin

Ia juga menambahkan, “Saya bakal pergi ke Italia buat operasi hari Rabu pagi dengan dokter yang memiliki hubungan sangat baik dengan Ducati dan telah melakukan operasi kepada beberapa pebalap. Kemudian kami akan kembali ke Austria dan saya bakal berada di trek hari Kamis untuk melakukan pertemuan tentang insiden besar yang terjadi hari Minggu lalu.”

Tentunya, jika kondisinya kembali fit, Zarco akan turun ke lintasan Styria pada pekan depan. “Jika pergelangan tangan saya terasa OK dan tim medis menyatakan saya fit buat balapan, maka saya akan mencoba dan melihat apakah saya bisa menggeber motor lagi. Keuntungan akhir pekan ini adalah kami sudah memiliki semua referensi dari minggu sebelumnya, jadi bukan masalah besar jika saya melewatkan beberapa sesi dan saya bisa beristirahat sehari untuk merasakan apakah pergelangan tangan saya baik-baik saja.”

Kejadian ini mengingatkan pada insiden crash Marc Marquez yang membuatnya operasi dua kali dan berakhir melewatkan empat seri selama masa pemulihan. Tentunya, Zarco diharapkan dapat memulihkan kondisi dan tidak mengikuti langkah Marquez yang memaksakan diri untuk mengikuti sesi kualifikasi MotoGP Andalusia seusai operasi pada empat hari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *