MotoGP Austria 2020: Johann Zarco Buka Suara Perihal Kecelakaan Tragis
MotoGP Austria 2020: Johann Zarco Buka Suara Perihal Kecelakaan Tragis

MotoGP Austria 2020: Johann Zarco Buka Suara Perihal Kecelakaan Tragis

MotoGP Austria 2020: Johann Zarco Buka Suara Perihal Kecelakaan Tragis

Bayang-bayang insiden kecelakaan mengerikan yang terjadi pada Minggu, 16 Agustus 2020 lalu masih terbesit di benak sejumlah pebalap maupun penonton. Balapan MotoGP Austria yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring tersebut sempat terhenti dengan dua red flag. Kecelakaan bermula ketika Johann Zarco yang merupakan pebalap Reale Avintia Racing berada di depan Franco Morbidelli.

Franco nampak ingin menyalip dirinya dan secara spontan, pebalap asal Prancis tersebut mengambil sisi kiri dan melakukan sedikit pengereman. Tentunya, sikap yang ia ambil membuat motor pebalap Petronas Yamaha SRT tersebut bertabrakan dengan motornya. Penampakan insiden tersebut hampir tidak bisa dilupakan sebab kedua motor pebalap terbang melayang setelah melontarkan pengendara.

Kedua motor Zarco dan Morbidelli secara bergantian terbang melewati beberapa senti dari wajah Valentino Rossi. Selain itu, motor keduanya hampir menghantam tubuh dan kepala Rossi dan Maverick Vinales yang tepat berada di belakangnya.

Tabrakan ini terjadi pada lap kesembilan memasuki tikungan ketiga. Tentu, dengan kecepatan 300km/jam, insiden pengereman tersebut membuat keduanya terpental jauh dan mendarat di atas gravel lintasan. Kedua motor terguling-guling hingga hancur berkeping-keping memenuhi aspal sirkuit.

Kejadian tragis yand bukan hanya dialami Zarco dan Franco tersebut tentu membuat geram Valentino sebab ia hampir kehilangan nyawa jika saja kedua motor tersebut benar-benar mengenai The Doctor. Rossi menyebut ini bukan pertama kalinya Zarco berbuat ceroboh dan hampir membunuh orang lain.

Di sisi lain, Morbidelli juga menyebut Zarco sebagai manusia setengah pembunuh karena dengan kesadarannya, ia melakukan tindakan yang fatal.

Menanggapi berbagai respon negatif dari semua pihak, Johann Zarco membuka suara usai balapan digelar. Zarco mengaku sangat lega karena tidak ada pebalap lain yang terluka meski ia sendiri menerima beberapa cedera. Tentunya, pebalap asal Perancis tersebut mengungkapkan penyesalannya.

Terbaru  Gabung ke Petronas Yamaha SRT MotoGP 2021, Rossi Dapat Keunggulan

“Ada beberapa luka di lengan, pinggang, dan kaki saya. Yang jelas kami sangat ketakutan. Saya sudah menengok Morbidelli dan kami berdua sama-sama menyesali kejadian tersebut. Kecelakaan semacam ini sulit dihindari. Motor kami pun tak menabrak siapa pun, jadi ada faktor keberuntungan,” ujarnya pada media.

Sebagai langkah lanjutan, Zarco ingin menganalisis kejadian tersebut. Sebelumnya, ia mengungkapkan telah menjenguk Morbidelli dan lega karena pebalap Yamaha tersebut baik-baik saja. Kedua pebalap yang merupakan aktor utama insiden tersebut mengonfirmasi akan melanjutkan balapan pada seri kelima MotoGP Styria 2020 pekan depan.

“Segalanya baik-baik saja. Saya hanya perlu menganalisis segalanya dan bekerja untuk pekan depan. Saya akan siap untuk membalap. Terima kasih untuk dukungan Anda,” ujar Zarco.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *