Kemenperin Dorong Pengembangan Inovasi AMMDes Karena Segudang Manfaat
Kemenperin Dorong Pengembangan Inovasi AMMDes Karena Segudang Manfaat

Kemenperin Dorong Pengembangan Inovasi AMMDes Karena Segudang Manfaat

Kemenperin Dorong Pengembangan Inovasi AMMDes Karena Segudang Manfaat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah memacu pengembangan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan atau AMMDes yang terus memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya daerah pedesaan.

Putu Juli Ardika, selaku Direktor Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin membenarkan bahwa AMMDes memberikan sejumlah manfaat. Diantaranya adalah ambulans feeder yang ada di Kecamatan Bojongmanik, Lebak, Banten.

Ambulans AMMDes rupanya sangat membantu terutama bagi ibu-ibu hamil yang membutuhkan kemudahan akses untuk menjangkau fasilitas kesehatan. Selanjutnya, mereka bisa segera mendapatkan pelayanan lebih baik.

Pada keterangan resminya di hari Jumat, 13 Agustus 2020, Putu menjelaskan, “Kami bertekad untuk semakin memacu pengembangan inovasi AMMDes dengan berbagai aplikasi yang dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat, yang pada akhirnya bertujuan menciptakan ketahanan ekonomi dan mendukung kemajuan di desa.”

AMMDes yang berfungsi sebagai ambulans merupakan pilot project yang bekerja di daerah-daerah Indonesia. Manfaat yang diberikan ambulans merupakan hasil kolaborasi dari sejumlah pihak. Bukan hanya membantu ibu-ibu hamil, AMMDes sebagai ambulans juga membantu menekan angka kematian ibu (AKI) serta bayi (AKB) yang berfokus di Kabupatan Lebak tersebut.

Informasi ini dungkap dari data Puskesmas Bojongmanik yang menunjukkan tidak adanya kasus kematian AKI hingga Juli 2020. Selain itu, angka AKB juga turun dari enam hingga satu kasus pada 2019.

Putu menambahkan, “Pada awalnya, AMMDes dirancang untuk membantu masyarakat di sektor pertanian, tetapi seiring hasil pilot project yang kami lakukan di Kabupaten Lebak, maka terlihat bahwa AMMDes bisa juga difungsikan untuk membantu masyarakat di bidang kesehatan.”

Untuk saat ini, AMMDes hanya dimanfaatkan di sejumlah daerah seperti Jawa Barat dan Riau. Keduanya difokuskan untuk membantu mengelolah serabut kelapa. Kemudian, Lampung juga memanfaatkan perangkat ini guna memenuhi kebutuhan ekspor.

Terbaru  Sony Produksi Mobil Listrik Self-Driving Vision-S Siap Uji dan Rilis Akhir Tahun

Jika dilihat, AMMDes pada kawasan perkebunan dapat menurunkan presentase kerusakan pisang yang akan diekspor hingga 25 persen. Dengan demikian, Kemenperin mengklaim bahwa AMMDes tersebut sangat membantu masyarakat untuk meningkatkan hasil pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *