Pindad akan Kerja Sama dengan Astra untuk Miliki Showroom Sendiri
Pindad akan Kerja Sama dengan Astra untuk Miliki Showroom Sendiri

Pindad akan Kerja Sama dengan Astra untuk Miliki Showroom Sendiri

Pindad akan Kerja Sama dengan Astra untuk Miliki Showroom Sendiri

Pesona yang ditawarkan mobil taktis ciptaan PT Pindad (Persero) ini rupanya Pindad ingin melebarkan sayap untuk membuat showroom sendiri. Pindad tertarik untuk membuat kerja sama dengan perusahaan ternama Astra. Sejauh ini, Pindad memang telah bekerja sama dengan Astra terkait mesin Toyota Hilux yang dipakai pada kendaraan taktis (rantis) terbaru bernama Maung.

Riza Putranto selaku Direktur Strategis PT Pindad mengakui memilih Astra karena memiliki supply chain industri otomotif skala nasional. Di samping itu, Astra juga telah dikenal luas dengan beberapa jaringan aftersales serta merek-merek yang ada di bawahnya. Sejauh ini, Pindad dan Astra masih belum resmi menjalin kerja sama karena masih pada tahap pembahasan.

Pada Selasa, 11 Agustus 2020, Rizka menuturkan, “Sampai saat ini memang kami belum ada signing agreement apapun yang official dengan Astra, jadi memang masih dalam pembahasan akan seperti apa. Tapi memang prosesnya dilakukan secara pararel, karena kami ada kebutuhan untuk mengejar waktu produksi juga.”

Di samping itu, pihak Pindad juga bertekad ingin membuat showroom sendiri sehingga akan mendongkrak penjualan baik dalam negeri maupun luar negeri. Pihaknya juga ingin fokus membuat konsep tentang aftersales seperti pembangungan bengkel di penjuru Tanah Air agar memudahkan pemilik untuk melakukan perawatan.

“Kami juga melihat sisi startegic partnership-nya dari industri nasional, jadi untuk urusan aftersales, seperti jaringan bengkel yang banyak dan memudahkan. Tapi dalam pelaksanaannya nanti, apakah menggunakan jaringan merek, itu belum tentu juga, karena kami mimpinya juga ingin punya showroom sendiri,” imbuh Rizky.

Tentunya, kendaraan yang akan dijual dalam showroom adalah model-model komersial. Beberapa waktu yang lalu, Maung 4×4 yang diproduksi PT Pindad di Bandung ini menarik perhatian Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hingga berujung pemesanan dalam jumlah ratusan.

Terbaru  Esemka Mulai Produksi Garuda 1, Mobil Listrik, dan Anti-Peluru Bersama PT Pindad

Untuk tahap selanjutnya, Rizka akan fokus menggarap pesanan sembari membangun showroom. Sejauh ini, Pindad telah mengambil satu langkah ke depan dengan bekerja sama dengan Angkatan Darat dan Infanteri perawatan kendaraan. Intinya, showroom ini akan ditujukan pada semua kendaraan Pindad yang bermodel komersial agar menjangkau pasar yang lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *