MotoGP Austria 2020: Quartararo Curiga KTM dan Michelin Curangi Balapan
MotoGP Austria 2020: Quartararo Curiga KTM dan Michelin Curangi Balapan

MotoGP Austria 2020: Quartararo Curiga KTM dan Michelin Curangi Balapan

MotoGP Austria 2020: Quartararo Curiga KTM dan Michelin Curangi Balapan

Hasil balapan MotoGP Ceko pada Minggu, 9 Agustus 2020 kemarin masih membuat sejumlah pebalap heran. Pasalnya, bukan Quartararo, Vinales, ataupun Rossi yang kembali menguasai podium seperti pada dua seri sebelumnya. Balapan yang digelar pada Sirkuit Brno, Ceko kemarin dimenangkan oleh tim Red Bull. Tim KTM dengan perwakilan Binder menjadi yang tercepat.

Namun, sebuah keanehan terjadi menjelang balapan seri keempat MotoGP di Sirkuit Red Bull Ring yang akan digelar pada Minggu, 16 Agustus 2020. Keanehan ini diungkapkan pebalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo yang selalu menempati posisi pertama pada kedua seri sebelumnya. Fabio mencurigai gerak-gerik tim KTM yang dianggapnya berbuat curang.

Pasalnya, KTM sering melakukan tes bersama Michelin. Michelin marupakan perusahaan pemasok ban pada semua motor pebalap pada ajang MotoGP. Di saat sejumlah pebalap berbondong-bondong mengeluh tentang performa ban Michelin saat uji coba. Namun, KTM terlihat baik-baik saja bahkan dapat tampil kompetitif serta memenangkan balapan.

Fabio mengaggap ini merupakan sebuah kejanggalan dimana sejumlah pebalap yang biasa naik podium, bahkan Valentino Rossi yang 199 kali menang podium mengeluh tentang ban. Pebalap asal Prancis ini mencurigai trik yang digunakan Brad Binder dan KTM dalam memenuhi ambisi untuk juara.

Sejumlah pebalap lain seperti Dovizioso dan tim Ducati ikut pusing dengan ban baru yang dipasang Michelin. Dovi menilai ban baru Michelin tersebut tidak berfungsi untuk merek motornya.

Di sisi lain, Pero Taramasso selaku Manajer Michelin mengakui bahwa KTM dan perusahaannya melakukan tes bersama di Ceko. Namun tes tersebut tidak secara khusus untuk membantu motor R16 milik KTM.

“Tes yang dilakukan jelas membantu, tetapi saya tidak suka ada pembalap yang mengatakan Michelin memberi keuntungan bagi KTM. Kami senang ada empat tim berbeda yang menempati empat posisi terdepan, itu berarti semua sudah menemukan solusi,” ujar Taramasso.

Terbaru  Andrea Dovizioso Sebut Motor Ducati Tidak Bisa Menikung, Tim Membantah

Taramasso mengelak dan menjelaskan bahwa yang menjadi perbedaan adalah pebalap yang mampu mencocokkan ban dengan lintasan serta menjaga temperatur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *