Repsol Honda Hancur Lebur di MotoGP Ceko tanpa Marc Marquez
Repsol Honda Hancur Lebur di MotoGP Ceko tanpa Marc Marquez

Repsol Honda Hancur Lebur di MotoGP Ceko tanpa Marc Marquez

Repsol Honda Hancur Lebur di MotoGP Ceko tanpa Marc Marquez

Balapan Moto Grand Prix telah melewati seri ketiga dan sejauh ini, posisi Repsol Honda nampak semakin hancur lebur. Pasalnya, pada MotoGP 2019 yang lalu, Repsol Honda berhasil menjadi juara dengan perwakilan Marc Marquez. Namun, tim juara bertahan ini harus rela babak belur karena kehilangan pebalap yang dijuluki The Baby Alien tersebut.

Sampai sejauh ini, tim pabrikan Jepang tersebut hanya mengumpulkan satu poin saja dalam kejuaraan MotoGP kali ini. Pada seri sebelumnya saja, Fabio Quartararo, pebalap tim Yamaha mengumpulkan 50 poin. Tentu, jumlah poin Honda tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan pebalap dari tim-tim lain.

Honda benera-benar berada dalam mimpi terburuknya. Marquez yang seharusnya pulih pada seri kedua MotoGP Andalusia ternyata hanya sebuah mimpi. Pebalap tersebut mengalami cedera yang lebih parah karena pelat titanium patah sebab mengikuti kualifikasi Andalusia pasca empat hari operasi. Akibatnya, Marquez difonis tidak bisa mengikuti balapan hingga akhir Agustus. Artinya, ia harus melewatkan empat seri untuk tertinggal lebih jauh dari para penguasa podium.

Repsol Honda tampaknya tidak mempunyai pebalap lain yang sepadan untuk menggantikan The Baby Alien. Tidak disangka-sangka, tim tersebut menunjuk pebalap penguji Stefan Bradl untuk menjadi pengganti Marquez. Tentu, kemampuan balapannya tidak cukup mengimbangi kemampuan Alex Marquez yang juga terlihat sedikit lemah.

Hal ini dibuktikan pada balapan MotoGP Ceko kemarin, pada Minggu, 9 Agustus 2020 di Sirkuit Brno. Kedua pebalap Bradl dan Alex tersingkir hingga finis pada posisi ke-18 dan ke-15.

Meski terlihat sangat kecewa, Alberto Puig selaku Manajer Tim Repsol Honda mengaku mengapresiasi kedua pebalapnya. Ia menyebut Alex telah berjuang keras untuk mengumpulkan satu poin dan Bradl terlihat menggunakan kemampuan maksimalnya.

Terbaru  Takaaki Nakagami Perpanjang Kontrak dengan LCR Honda MotoGP 2021

Tentunya, tim Honda menyadari bahwa Alex adalah pebalap pendatang (rookie) yang belum memiliki banyak kemampuan. Keduanya perlu belajar lagi serta mematangkan strategi. Pada persiapan MotoGP Austria pekan depan, timnya hanya dapat mempersiapkan segala hal mengenai teknis. Puig menyebut akan memasang komponen-komponen baru pada kedua motor pebalapnya guna membantu meraih hasil yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *