F1 GP Anniversary 2020: Kemenangan Perdana Verstappen Kalahkan Lewis dan Bottas
F1 GP Anniversary 2020: Kemenangan Perdana Verstappen Kalahkan Lewis dan Bottas

F1 GP Anniversary 2020: Kemenangan Perdana Verstappen Kalahkan Lewis dan Bottas

F1 GP Anniversary 2020: Kemenangan Perdana Verstappen Kalahkan Lewis dan Bottas

Seri kelima Formula 1 yang sekaligus memperingati ulang tahun Grand Prix yang ke-70 tersebut digelar di Sirkuit Silverstone pada Minggu, 9 Agustus 2020. Dalam balapan GP 70th Anniversary tersebut, sosok pebalap asal Red Bull Racing, Max Verstappen memberi kejutan dengan menjadi juara pertama. Pebalap ini berhasil mengalahkan dominasi kedua pebalap Mercedes Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas yang memenangkan kejuaraan pada seri sebelumnya.

Sebelumnya, tim Red Bull menggunakan strategi memasang ban keras pada awal perlombaan. Ini menjadi keputusan yang sangat tepat karena kedua pesaing dari Mercedes sibuk berhenti di pit stop guna memperbaiki ban yang bermasalah. Tentu, momen dua kali berhenti di pit stop tersebut dimanfaatkan sangat baik oleh Verstappen untuk menambah kecepatan.

Pada putaran ke-27, Verstappen beralih ke ban medium. Dengan catatan waktu 1 jam 19 menit 41,993 detik, pebalap bernomor kendaraan 33 ini berhasil meraih kememangan perdananya pada Formula 1 GP 2020 musim ini. Selanjutnya, Lewis Hamilton menyusul dengan pautan waktu 11,326 detik dari sang jawara.

Bottas sendiri harus rela finis pada urutan ketiga. Sebelumnya, pebalap Mercedes tersebyt melesat menjadi yang terdepan sejak start, diikuti oleh Lewis Hamilton di urutan kedua. Sedangkan Verstappen harust start pada urutan keempat. Kemenangan perdanananya patut diacungi jempol karena berhasil mengalahkan kedua pebalap Mercedes dan Nico Hulkenberg yang start di posisi ketiga.

Di sisi lain, Sebastian Vettel yang merupakan pebalap Ferrari mengalamai msalah kendaraan. Mobil yang ia kendarai berputar keluar jalur yang membuatnya merosot dari urutan ke-11 menjadi yang terakhir kali melewati garis finis. Rekan satu timnya, Charles Leclerc, juga harus rela turun ke posisi 10 setelah start pada urutan nomor 8.

Terbaru  Hasil FP1 F1 GP Spanyol 2020: Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton Tercepat

Di tengah perlombaan, terlihat Kevin Magnussen, pebalap tim Haas gagal menuntaskan putarannya akbat kerusakan mobil. Untuk saat ini, bayang-bayang kemenangan telak Mercedes harus pupus karena Red Bull kini berhasil menghapus dominasi tim tersebut. Ini merupakan kemenangan perdana pebalap asal Inggris yang memberi harapan baru pada timnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *