MotoGP 2020: Yamaha Ikuti Ducati Pakai Holeshot Device, Quartararo Uji Coba
MotoGP 2020: Yamaha Ikuti Ducati Pakai Holeshot Device, Quartararo Uji Coba

MotoGP 2020: Yamaha Ikuti Ducati Pakai Holeshot Device, Quartararo Uji Coba

MotoGP 2020: Yamaha Ikuti Ducati Pakai Holeshot Device, Quartararo Uji Coba

Dunia balapan kelas utama MotoGP tentu sudah tidak asing dengan motor pabrikan Ducati. Merek tersebut selalu melakukan inovasi pada kendaraan yang dipercaya dapat mempercepat lari motor balap. Salah satu inovasi terkini yang dicetuskan adalah ride height system atau biasa disebut holeshot device. Inovasi ini tampaknya membuat Yamaha iri hingga pabrikan tersebut mengikuti langkah kompetitornya.

Yamaha mulai menggunakan holeshot device pada musim ini. Perangkat ini telah diuji dan berhasil membuktikan kinerja yang efektif digunakan saat start balapan. Sebelumnya, Ducati telah melakukan uji coba pada perangkat ini melalui sejumlah pebalapnya yang turun ke lintasan MotoGP.

Dari hasil uji coba tersebut, perangkat holeshot terbukti dapat mengurangi resiko terjadinya roda depan terangkat saat pebalap melakukan akselerasi atau wheelie. Selain itu, perangkat ini diklaim dapat menambah kecepatan maksimum motor.

Saat ini, tim Petronas Yamaha tengah menguji kesigapan alat tersebut melalui pebalap yang berhasil merebut podium pertama pada balapan seri pertama dan kedua, Fabio Quartararo. Pebalap ini mengaku telah menguji coba alat ini namun ia menyatakan bahwa alat tersebut belum bisa digunakan saat balapan.

“Saya mencobanya, tapi sejujurnya itu terlalu sulit. Alat ini tidak sama seperti yang digunakan Ducati,” ujar Quartararo.

Di samping itu, Quartararo mengeluh karena alat tersebut sulit untuk digunakan pada momen-momen tertentu. Artinya, penggunaan alat tersebut akan bekerja maksimal pada saat-saat tertentu saja, dan Fabio tidak mengetahui kapan harus menggunakannya. Pada uji coba kemarin, Fabio hanya menggunakan holeshot untuk start balapan.

Berbeda dengan tim Ducati, Danilo Petrucci telah lebih dahulu menggunakannya hingga tiga kali dalam satu lap. Pebalap tersebut telah menguji keefektifan alat yang dipuji-puji ini di Sirkuit Brno, Republik Ceko.

Terbaru  Menuju F1 GP Monza 2020: Sergio Perez Positif, Balapan tanpa Penonton

Selanjutnya, tim Yamaha akan terus mengembangkan fungsi dari alat holeshot ini. Tentu, tim berharap agar perangkat keras tersebut dapat memberikan hasil yang signifikan pada hasil balapan seri selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *