Hasil FP1 MotoGP Ceko 2020: Takaaki Nakagami Tercepat, Grip Ban Maverick Hilang
Hasil FP1 MotoGP Ceko 2020: Takaaki Nakagami Tercepat, Grip Ban Maverick Hilang

Hasil FP1 MotoGP Ceko 2020: Takaaki Nakagami Tercepat, Grip Ban Maverick Hilang

Hasil FP1 MotoGP Ceko 2020: Takaaki Nakagami Tercepat, Grip Ban Maverick Hilang

Menjelang balapan Moto Grand Prix Ceko 2020 digelar, para pebalap bersiap-siap dengan turun ke lintasan pada latihan bebas atau Free Practice di Sirkuit Brno pada Jumat 7 Agustus 2020 sore tadi.

Dari hasil latihan balapan bebas seri pertama, pebalap LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami menunjukkan hasil yang mencengangkan. Pasalnya, ia berada di posisi pertama, sedangkan tiga pebalap Yamaha yang diprediksi berada di tiga teratas merosot hingga urutan ke-13.

Nakagami yang merupakan pebalap asal Jepang telah mencatatkan waktu terbaiknya 1 menit 57,353 detik dengan 12 putaran. Ini merupakan kali kedua ia menduduki posisi pertama pada latihan balapan bebas.

Selanjutnya, di posisi kedua ada Joan Mir tim Suzuki Ecstar dengan catatan waktu 1 menit 57,364 detik. Pada posisi ketiga, Pol Espargaro mencatatkan waktu terbaiknya lebih lambat 0,039 dari Takaaki. Espargaro merupakan pebalap tim Red Bull KTM Factory Racing. Sementara, posisi keempat diisi oleh Joann Zarco, pebalap tim Esponsorama Racing dengan catatan waktu 1 menit 57,460 detik.

Setelah lima besar, Maverick Vinales yang merupakan pebalap Monster Energi Yamaha menyusul di belakang. Pada latihan balapan bebas ini, giliran Vinales yang crash karena grip ban motor YZR-M1 hilang. Hal itu membuatnya jatuh dan mengakibatkan motor bagian atas mengalami kerusakan. Pebalap berumur 25 tahun itu terjatuh namun ia masih bisa melanjutkan balapan hingga finish dengan menduduki posisi kelima.

Pada tikungan ke-13, insiden crash hampir kembali terjadi. Jack Miller yang merupakan pebalap tim Prama Ducati nyaris terjatih karena motornya melebar hingga ke gravel.

Sementara itu, Fancesco Bagnia menjadi korban selanjutnya yang mengalami crash di tikungan pertama sehingga membuatnya terguling-guling bersama motor hingga menabrak pembatas trek. Tentunya, motor yang ditunggangi Pramac Racing ini rusak parah.

Terbaru  MotoGP Emilia Romagna 2020: Batal Podium, Quartararo Marah Dapat Penalti

Untuk hasil FP1 MotoGP Ceko 2020 posisi keenam hingga ke-10 ada ohann Zarco, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, Valentino Rossi, Franco Morbidelli, dan Cal Crutchlow.

Ini merupakan hasil yang mengejutkan karena Fabio Quartararo merosot jauh pada posisi ke-13. Pebalap yang dua kali menang pada seri pertama dan kedua tersebut belum menunjukkan kemampuan maksimalnya pada latihan balapan pertama.

Sementara itu, sejak hilangnya keberadaan Marc Marquez sang juara bertahan dari sirkuit, Repsol Honda belum memberikan catatan baik dari dua pebalapnya, Alex Marquez dan Stefan Bradl. Masing-masing dari mereka terpaut sangat jauh di posisi ke-16 dan ke-22.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *