Dokter Tidak Memberi Tahu Marquez dan Honda Perihal Pelat Titanium Bisa Pecah
Dokter Tidak Memberi Tahu Marquez dan Honda Perihal Pelat Titanium Bisa Pecah

Dokter Tidak Memberi Tahu Marquez dan Honda Perihal Pelat Titanium Bisa Pecah

Dokter Tidak Memberi Tahu Marquez dan Honda Perihal Pelat Titanium Bisa Pecah

Berbincang mengenai MotoGP 2020, sosok Marc Marquez tidak pernah luput dari sorotan media karena ia merupakan pebalap juara bertahan pada balapan Grand Prix musim lalu. Cerita sedih pebalap dengan julukan The Baby Alien tesebut dimulai saat perlombaan MotoGP Spanyol pada bulan Juli lalu. Marquez ingin menyusul Maverick Vinales yang berada di posisi kedua setelah Fabio Quartararo.

Namun, pebalap Repsol Honda tersebut tergelincir mengalami crash yang menbuatnya terjatuh terbentur motor dan terguling-guling hingga patah tulang pada lengan kanan atas. Tentu, ia harus menjalani operasi pasca gagal menyelesaikan balapan seri pertama dan harus absen pada balapan seri kedua.

Menjelang seri ketiga di Sirkuit Brno akhir pekan ini, dokter yang menangani Marc menyebut bahwa ia harus mundur sementara dari dunia balapan karena pelat titanium penyangga lengannya patah.Sebelumnya, Marc bersikeras mengikuti kualifikasi balapan seri kedua di Sirkuit Andalusia pasca empat hari operasi. Tentu, ini merupakan tindakan yang mengakibatkan hal fatal terjadi pada lengannya.

Profesor Alex yang berpengalaman menangani pebalap yang cedera bahkan menyebut tim medis Marc Marquez tidak mendidik bahkan ceroboh. Profesor beranggapan bahwa memperbolehkannya turun ke lintasan sebelum kondisi pulih adalah kecerobohan yang fatal.

Setelah tim Repsol Honda mengumumkan posisi Marquez diganti oleh pebalap penguji Stefan Bradl, beredar kabar bahwa pelat titanium The Baby Alien pecah karena membuka jendela rumahnya. Fungsi dasar dari pelat tersebut adalah membantu mempercepat tulang agar kembali menyatu.

Alberto Pujg selaku Manajer tim Honda Repsol mengatakan bahwa plat patah karena stres berkelanjutan. “Kali ini, itu kecelakaan domestik, karena dia sedang mencoba membuka jendela dan tiba-tiba merasakan sakit yang luar biasa.”

Terbaru  MotoGP Prancis 2020: Podium di Genggaman, Miller Keluar Lintasan Batal Finis

Pujg menyebutkan bahwa dokter tidak memberi tahu bahwa pelat tersebut dapat patah. Karena itu, pada saat kualifikasi MotoGP Andalusia kemarin, Honda berani memberi izin untuk turun ke lintasan.

“Jika kami tahu info ini, dia tidak akan pergi ke Jerez atau Honda tidak akan memberinya kesempatan untuk mengendarai motor,” sesal Pujg.

Masuk akal jika pelat titanium yang patah tersebut diakibatkan dari beberapa alasan seperti akumulasi stress, latihan fisik, mengendarai motor pada saat kualifikasi, maupun karena membuka jendela kamar. Kini, Marc Marquez dipastikan akan absen di tiga seri selanjutnya akbit kecerobohannya. Ia harus memulihkan lengannya dalam waktu yang cukup lama.

Ini akan menjadi hal yang sulit bagi Marc karena harus rela melepas gelar juara bertahan sebab ia tertinggal poin cukup jauh dari Fabio Quartararo dan tim sekawan Vinales serta Valentino Rossi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *