Menuju MotoGP Ceko 2020: Valentino Siap Lengkapi 200 Podium dan Raih 3 Rekor
Menuju MotoGP Ceko 2020: Valentino Siap Lengkapi 200 Podium dan Raih 3 Rekor

Menuju MotoGP Ceko 2020: Valentino Siap Lengkapi 200 Podium dan Raih 3 Rekor

Menuju MotoGP Ceko 2020: Valentino Siap Lengkapi 200 Podium dan Raih 3 Rekor

Valentino Rossi dengan umurnya yang seharusnya sudah pensiun menarik perhatian media. Di umurnya yang 41 ini, ia masih bisa menguasai podium bersama kedua rekan Yamaha lainnya, Fabio Quartararo dan Maverick Vanelis. Keduanya tentu mempunyai kemampuan yang lumayan untuk memenangkan balapan Moto Grand Prix musim ini. Namun, ini merupakan suatu hal yang tidak biasa jika Rossi masih memiliki performa tinggi diumurnya yang terbilang senior.

Pebalap dengan julukan The Doctor ini bahkan dapat memcahkan rekor jika ia menyelesaikan lintasan balapan di Sirkuit Ceko Minggu, 9 Agustus pekan ini. Pebalap Monster Energy Yamaha tersebut akan memecahkan rekor pebalap pertama berumur 41 taun yang naik podium kelas utama sejak 1977. Saat ini, Valentino Rossi tengah berumur 42 tahun lebih 85 hari.

Pada balapan seri selanjutnya di Srkuit Ceko, pebalap dengan motor Yamaha YZR-M1 ini berharap dapat memecahkan rekor kembali dengan menguasai podium sebanyak-banyaknya. Tidak hanya satu, Rossi diprediksi akan memecahkan tiga rekor sekaligus jika ia dapat menduduki podium pada balapan seri selanjutnya di Ceko.

Rekor kedua yang akan diraihnya adalah masuk dalam jajaran tiga besar di Ceko. Ini artinya, ia akan menjadi pebalap pertama di dunia yang menaklukkan sebanyak 200 podium di kelas utama. Sejauh ini, The Doctor telah mengumpulkan 199 podium di sepanjang karirnya di dunia balapan, khususnya MotoGP.

Dilihat dari jumlah podium yang ditaklukkan, Valentino jauh lebih unggul dibanding Jorge Lorenzo dengan 114 podium di kelas utama. Selain itu, disusul dengan Dani Pedrosa dengan 112 podium, dan Marc Marquez dengan 95 kali naik podium.

Kemudian, rekor ketiga yang juga dapat dikejar Valentino yaitu rekor sebagai pebalap tertua yang mampu memenangkan podium dua kali beruntun dalam 54 tahun terkahir. Jika berhasil, ia akan menyusul prestasi Jack Ahearn yang meraih back-to-back podium saat balapan di 1966 pada usia 41 tahun 282 hari.

Terbaru  MotoGP Austria 2020: Tabrakan Motor Hingga Remuk, Zarco Operasi Patah Tulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *