MotoGP Ceko 2020: Marc Marquez Resmi Mundur dari Balapan Pekan Ini
MotoGP Ceko 2020: Marc Marquez Resmi Mundur dari Balapan Pekan Ini

MotoGP Ceko 2020: Marc Marquez Resmi Mundur dari Balapan Pekan Ini

MotoGP Ceko 2020: Marc Marquez Resmi Mundur dari Balapan Pekan Ini

Menjelang pergelaran balapan MotoGP seri ketiga yang diadakan di Sirkuit Ceko, beredar kabar mengejutkan dari tim Repsol Honda. Setelah diprediski akan ikut balapan setelah mundur dari dua seri sebelumnya, Marc Marquez menyatakan bahwa dirinya akan kembali absen pada balapan pekan ini. Hal ini dikarenakan ia harus menjalani operasi yang kedua kalinya pada Senin, 4 Agustus 2020 waktu Indonesia.

Dilansir dari Crash, tim resmi Repsol Honda menyatakan bahwa Marquez akan digantikan dengan Stefan Bradl, pebalap asal Jerman. Saat ini, ia merupakan pebalap penguji di tim Honda dan akan mendampingi Alex Marquez pada MotoGP Ceko mendatang.

“Setelah menjalani operasi kedua di lengan kanannya yang cedera, Marc Marquez dan Honda Racing Corporation (HRC) telah memutuskan bahwa sang juara dunia tidak akan turun di MotoGP Ceko agar dia memiliki waktu lebih banyak untuk pemulihan. Sebagai gantinya, pebalap penguji HRC Stefan Bradl akan tampil mengendarai Honda RC213V. ”

Insiden cidera Marc Marquz tentu sangat serius hingga membuatnya harus menjalani dua kali operasi. Pada 19 Juli lalu, pebalap tersebut mengalami crash sehingga ia terpental dan tertabrak motornya, jatuh berguling-guling, hingga keluar lintasan. Tentu, rasa sakit yang dideritanya begitu mendalam terlebih mengakibatkan dirinya tidak bisa menyelesaikan balapan sejak seri pertama MotoGP Spanyol.

Tangan kanan atas Marquez patah hingga ia tidak mampu mengendarai motor lagi. Hal ini dibuktikan ketika ia tengah menggertak sejumlah pebalap dalam kualifikasi MotoGP Andalusia kemarin. Pebalap yang diprediksi tidak datang tersebut ternyata datang untuk mengikuti kualifikasi memperebutkan posisi pole. Namun, tak sampai selesai satu lintasan, ia memutar balikkan arah motor untuk keluar lintasan. Tentu, ia merasakan kesakitan saat mencoba mengendarai motornya.

Terbaru  Brad Binder Ungkap Penyesalan Sia-Siakan Hasil Besar di MotoGP 2020

Pebalap asal Spanyol ini harus rela ketinggalan 50 poin dari pemenang sementara, Fabio Quartararo asal tim YamahaSRT. Dokter yang menangani operasinya turut memberikan kesaksian bahwa plat titanium lengan kanannya mengalami kerusakan akibat stres berkelanjutan.

Xavier Mir selaku dokter MotoGp membenarkan, “Marc Marquez menjalani operasi 13 hari yang lalu dan hari ini (Senin waktu setempat) dia kembali ke ruang operasi. Operasi pertama berhasil, apa yang tidak diharapkan adalah plat tidak mencukupi.”

Kehilangan pebalap juara bertahan tentu akan membuat persaingan sedikit lebih mudah. Hal ini dikarenakan Yamaha telah menguasai podium pada balapan seri sebelumnya. Balapan MotoGP Ceko 2020 sendiri akan diadakan pada Minggu 9 Agustus 2020 pada pukul 19:00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *