Lamborghini Essenza SCV12 Diproduksi 40 Unit Khusus Untuk Lintasan Sirkuit
Lamborghini Essenza SCV12 Diproduksi 40 Unit Khusus Untuk Lintasan Sirkuit

Lamborghini Essenza SCV12 Diproduksi 40 Unit Khusus Untuk Lintasan Sirkuit

Lamborghini Essenza SCV12 Diproduksi 40 Unit Khusus Untuk Lintasan Sirkuit

Lamborgini baru-baru ini, memperkenalkan mobil keluaran terbaru Essenza SCV12 yang kabarnya hanya diproduksi hanya 40 unit saja. Namun, meski dijual, mobil tersebut tidak boleh dibawa pulang oleh pembeli karena Essenza SCV12 ini hanya boleh dikendarai di sirkuit. Pabrikan mobil tersebut mengklaim bahwa mobil tersebut memiliki tenaga yang paling besar dari yang pernah diproduksi sebelumnya.

Perusahaan asal Italia tersebut menyebut bahwa Essenza SCV12 bertenaga 820 horse power. Selanjutnya, Lamborghini menyematkan mesin berkapasitas 6,5 liter yang menggunakan konfigurasi sebesar V12. Mesin tersebut ditunjang dengan sasis carbon-fiber monocoque serta pipa pembuangan khusus guna mengurangi back pressure. Ini membuat mobil akan berjalan halus meski banyak rintangan pada lintasan yang tidak rata.

Mesin juga dibekali dengan enam tingkat percepatan. Pada sisi rem, pabrikan Italia tersebut menggunakan rem Brembo. Selain itu, masing-masing ban memiliki ukuran 19 inci untuk bagian depan dan 20 inci pada bagian belakang. Penampilan bodi mobil terlihat sempurna dengan dua air-intake pafa bagian atas kap yang bertutjuan mendingingkan mesin dibawahnya.

Selain itu, mobil ini juga dibekali sirip, splitter, dan sayap belakang. Detail lain terlihat pada bodyworks yang mendukung tenaga downforce sekitar 1.200 kg dengan kecepatan 250 km/jam. Karena mobil ini tidak memiliki izin untuk beroperasi pada jalanan umum, Lamborghini menawarkan jasa penyimpanan mobil.

Pada segi keamanan, produsen juga menyematkan kamera pengawas 24 jam yang dapat diakses melalui aplikasi khusus. Mobil ini tengah dirancang oleh Lamborghini Centro Stile yang bekerja sama dengan Squadra Corse.

Stefano Domenciali selaku CEO dan Ketua Automobili Lamborghini menyatakan, “Essenza SCV12 adalah kombinasi sempurna dari semangat tidak konvensional kami sebagai produsen mobil sport super dan semangat sejati kami untuk motorsport.”.

Terbaru  Ford Mustang Mach-E: Mobil Balap Listrik Tenaga 1.400 Kuda

SCV12 juga difasilitasi dengan roda kemudi mutlifungsi dengan desain telemetri yang serupa dengan mobil Formula 1. Nantinya, mobil ini akan menjadi bagian “klub eksklusif” sehingga memungkinkan pengguna dapat mengendarai di sirkuit balap global pada 2021 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *