MotoGP 2020: Dilema Valentino Rossi Motor Bermasalah dan Pergantian Tim
MotoGP 2020: Dilema Valentino Rossi Motor Bermasalah dan Pergantian Tim

MotoGP 2020: Dilema Valentino Rossi Motor Bermasalah dan Pergantian Tim

MotoGP 2020: Dilema Valentino Rossi Motor Bermasalah dan Pergantian Tim

Valentino Rossi merupakan pebalap legenda yang telah turun ke banyak lintasan balapan dan menyabet beberapa juara dunia. Saat ini, pebalap yang dijuluki The Doctor ini sedang mengalami dilema dalam umurnya yang ke-41. Diketahui Petronas Yamaha SRT ingin merebut kembali dirinya untuk menjadi tim. Pafa balapan MotoGP Andalusia 2020 kemarin, ia mendapatkan posisi urutan ketiga. Tentu, hasil baik ini masih dinilai kurang maksimal baginya.

Valentino Rossi sering bersiteru dengan Yamaha kendati ia harus menunggangi motor yang bukan miliknya. Bahkan, gaya balapannya dinilai bermasalah pada MotoGP kemarin. Meski begitu, Rossi telah melengkapi kemenangan Yamaha yang berhasil menyabet podium bersama rekannya Quartararo dan Vinales.

Kabarnya, ia harus ganti kepala kru lagi pada balapan MotoGP musim depan. Pebalap tim Monster Energi Yamaha kini harus berganti tim dan menjadi bagian Petronas Yamaha. Pada MotoGP Spanyol, Rossi mengalami masalah teknis pada motor sehingga ia harus keluar balapan sebelum mencapai garis finis.

Tidak hanya itu, posisi awal balapan yang selalu berada di tengah menjadi sorotan. Beberapa pengamat menilai gaya balapan Valentino ini menjadi masalah utama sehingga kelemahan motor yang ditungganginya disorot media. Diketahui, ia mengendarai motor YZR-M1 yang dinilai bermasalah saat melewati lintasan yang lurus. Sehingga, ia harus menyiasatinya dengan melahap lintasan pada tikungan dengan meningkatkan kecepatan.

Namun, ini tentu beresiko tinggi, karena pebalap diharuskan memiliki skill mengerem tinggi. Di tambah lagi, baru-baru ini MotoGP mengeluarkan kebijakan baru yang mengharuskan seluruh pebalap mengurangi kecepatan pada tikungan berbendera kuning. Ia menyebutkan bahwa skill pengeremannya tidak jauh lebih baik dari rekannya Maverick Vinales.

“Maverick sangat hebat dalam pengereman, dia bisa mengerem motor lebih baik daripada saya,” ujarnya pada media. “Itu adalah masalah utama kami pada Sabtu 18 Juli 2920. Kami ingin mengerjakan bagian itu. Kami ingin membaik pada esok, tetapi itu saja tidak cukup.”

Terbaru  MotoGP 2020: Aleix Espargaro Akui Tidak Nyaman dengan Motor Aprilia

Razlan Razali selaku Bos Petronas Yamaha SRT membenarkan bahwa timnya kembali berkomitmen membantu The Doctor meraih gelar juara dunia MotoGP kembali. Sehingga, dapat dipastikan jika Rossi tidak akan menggunakan seragam pabrikan Yamaha pada musim depan. Posisi tersebut akan diisi Fabio Quartarari yang naik dari tim Satelit Petronas. Saat ini, Rossi sedang berdiskusi untuk bergabung dengan tim Petronas Yamaha untuk MotoGP 2021 mendatang.

Pihak Petronas Yamaha SRT mengklaim bahwa Rossi telah memberikan jawaban secara personal tentang keinginannya melanjutkan balapan, meski ia belum memberikan tanda tangan.

“Dalam banyak hal, saya jauh lebih bahagia telah menciptakan tim ini dari kehampaan dan mampu membawa Fabio Quartararo berprestasi. Saya ingin meneruskan filosofi ini dengan membantu seseorang dan kami pastikan dapat membantu Valentino,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *