Menuju F1 GP Monza 2020: Sergio Perez Positif, Balapan tanpa Penonton
Menuju F1 GP Monza 2020: Sergio Perez Positif, Balapan tanpa Penonton

Menuju F1 GP Monza 2020: Sergio Perez Positif, Balapan tanpa Penonton

Menuju F1 GP Monza 2020: Sergio Perez Positif, Balapan tanpa Penonton

Kabar Sergio Perez yang dinyatakan positif covid-19 merupakan pelengkap dari dua pebalap yang pada awal balapan Formula Grand Prix Austria 2020. Sebelumnya, pihak penyelnggara melakukan 4.997 tes pada pebalap, personal, dan anggota tim. Dari tes tersebut, dua dintaranya dinyatakan positif terserang virus pandemi.

Pihak penyelenggara Formula 1 membenarkan, “Dari semua itu, dua orang dites positif. Kedua individu tersebut tidak hadir di Austria, dan orang yang terinfeksi dibebaskan dari tugas dan diisolasi.”

Kasus pertama kali ditemukan pada Maret 2020 lalu, saat GP seri pertama diadakan di Australia yang ternyata harus dibatalkan karena McLaren, salah satu anggota menyandang status positif virus corona. Kini, Sergio, yang merupakan pebalap asal Meksiko harus pasrah mengetahui dirinya positif. Saat ini, ia tengah menjalankan proses karantina mandiri sesuai dengan protokol kesehatan.

“Perez telah menjalani karantina mandiri sesuai dengan instruksi otoritas kesehatan publik, dan akan terus mengikuti prosedur yang dimandatkan oleh otoritas itu,” tegas pihak Formula 1 dan FIA.

Sergio merupakan pebalap pertama yang dinyatakan positif. Tentu kabar buruk ini membuat Racing Point harus mengantarkan Mercedes Stoffel Vandoorne dan Esteban Gutierrez untuk menemani Lance Stroll terjun ke lintasan F1 GP Inggris dan F1 GP Monza.

Guna menjalankan protokol kesehata, pihak penggelar akan meniadakan penonton pada balapan selanjutnya. Tiket yang sudah dibeli para calon penonton akan dikembalikan dengan nominal uang yang sama. Dalam dua seri mendatang, Silverstone akan menjadi tuan rumah yang menandai perayaan 70 tahun sejak seri pertama F1 digelar di kandanynya pada 1950.

Penyelnggara GP Monza membenarkan, “Grand Prix Italia Formula 1 2020 di Autodromo Nazionale Monza, [diputuskan] akan berlangsung tanpa penonton. Tiket yang sudah dibeli dapat dikembalikan dengan nominal pembelian.”

Terbaru  Klasemen Formula 1: Lewis Hamilton Akui Ceroboh Hingga Mendapat Penalti

Sebagai jadwal F1 GP Inggris 2020, balapan akan digelar pada 2 Agustus di Sirkuit Silverstone. Sedangkan untuk jadwal F1 GP Monza 2020, balapan ini akan digelar pada 6 September 2020 mendatang.

Namun, pihak Formula 1 tetap mengusahakan agar sebelum F! GP Sochi, mereka menargetkan mendapatkan izin dari pemerintah Italia untuk menghadirkan penonton jumlah terbatas pada GP Mugello, balapan seri lanjutan setelah Monza.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *