Maung Pindad Viral Diminati Negara Lain, Pindad Siap Ekspor Tahun Depan
Maung Pindad Viral Diminati Negara Lain, Pindad Siap Ekspor Tahun Depan

Maung Pindad Viral Diminati Negara Lain, Pindad Siap Ekspor Tahun Depan

Maung Pindad Viral Diminati Negara Lain, Pindad Siap Ekspor Tahun Depan

Desain luar Maung Pindad sudah tidak diragukan lagi kegagahannya. Kini, PT Pindad Persero sedang menggarap bagian kabin mobil taktis tersebut. Pada bagian dalam, kabin terlihat minimasil, sederhana, dan simpel karena ornamen kosmetik tidak memenuhi pemandangan. Selain itu, produsen mobil tersebut lebih mementingkan fungsi dari kendaraan itu sendiri dibanding hiasan dan kecantikan tampilan dalam.

Goresan tegas bagian luar nampak diaplikasikan juga pada bagian dalam sehingga bentuk sedikit kotak. Terlihat model kaca depan juga membentuk kotak dengan area penglihatan pengendara dan penumpang yang luas. Maung 4×4 ini diproduksi di Pindad, Bandung yang beberapa waktu lalu didiskusikan dengan Prabowo Subianto selaku Menteri Pertahanan.

Windu Pratama selaku Vice President Inovasi PT Pindad menyatakan, “Kita buat Maung ini dengan model modular dari sebuah kendaraan taktis ringan. Pada suatu waktu dibutuhkan, semua pintu-pintu bisa dilepas pasang dengan mudah dari engselnya. Atap dengan kanvas juga demikian, jadi dirancang untuk memudahkan aktivitas militer.”

Tentu, kendaraan taktis ini tidak dilengkapi dengan pengaturan audio dan aksesoris cantik lainnya. Namun, perusahaanya tetep memikirkan kenyamanan penumpang dengan menyediakan AC yang bisa diatur bersamaan dengan penggerak roda 2 atau 4.

Dengan kepopulerannya, @low5100w memajang beberapa model digital yang bisa menjadi masukan cantik untuk Maung. Postingan di Instagram tersebut diunggah kembali oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMAA).

Pada Maung 6×6, tampilan mobil dibuat lebih panjang berdasarkan kursi penumpang yang bertambah dua orang. Pada seri ini, pabrikan Bandung menawarkan beberapa warna pilihan seperti putih, merah, cokelat, biru, oranye, hitam, biru muda, serta army.

Tentu, Maung SWB juga terlihat menggoda dengan tampilan bodi tertutup warna merah yang dipercantik dengan hitam pada bagian bawah. Bahkan, salah satu desain digitalnya menampilkan Maung yang memakai jok racing yang terlihat sporty. Netizen menyebut desain digital tersebut memikat hati sehingga patut diacungi jempol atas kreatifitasnya.

Terbaru  Nissan Luncurkan Teknologi Pengereman Cerdas Cegah Tabrakan

Karena keviralannya, Maung Pindad kini tengah dilirik negara lain. “Ini kan sudah viral dan cepat sekali, beberapa rekanan di luar juga sudah banyak yang tanya, dari harga sampai spesifikasi. Mereka tertarik dengan Maung, tapi kita ini kan baru tahap prototipe dulu,” ujar Abraham. Ia merupakan DirekturUtama PT Pindad.

Respon dari pihak luar merupakan sinyal positif bagi Pindad agar merambah pasar global. Namun, untuk saat ini pihaknya lebih fokus menggarap produksi besar-besaran mulai September hingga Oktober 2020 mendatang berkaitan dengan pesanan Pak Prabowo.

“Kalau saya bilang ini tidak menutup kemungkinan untuk kami akan eskpor juga, mudah-mudahan di awal tahun atau paling tidak mulai 2021 nanti,” imbuh Abraham.

Untuk produksi awal, pihaknya memproduksi Rantis ringan harga 600 jutaan yang menggunakan mesin dan sasis milik Toyota Hilux. Kedepannya, Pindad mengklaim bisa memproduksi sasis dalam negeri tahun pada 2021.

“Nantinya semua kita kembangkan sendiri, di luar dari mesin yang masih pakai Toyota. Sasis sekarang kita pakai Hilux, namun kita rombak lagi juga nanti kita akan buat sendiri,” ujar Abraham.

Pembuatan mesin Maung menjadi fokus utama yang menjadi PR bagi pabriknya. Ia berharap agar semua bisa diproduksi lokal, sehingga tidak mengharuskan membeli dari pihak merek lain. Dilihat, keseluruhan komponen mobil taktis tersebut sudah diproduksi lokal, hanya tinggal mesin yang masiih menganibal dari perusahaan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *