Ford Mustang Mach-E: Mobil Balap Listrik Tenaga 1.400 Kuda
Ford Mustang Mach-E: Mobil Balap Listrik Tenaga 1.400 Kuda

Ford Mustang Mach-E: Mobil Balap Listrik Tenaga 1.400 Kuda

Ford Mustang Mach-E: Mobil Balap Listrik Tenaga 1.400 Kuda

Perusahaan mobil bergengsi Ford asal Amerika Serikat membuat kejutan baru dengan rencana peluncuran mobil listrik Mustang Mach-E 1400 pada awal tahun 2021. Kabarnya, mobil ini dibekali tenaga sebesar 1.400 horse power (hp) atau setara dengan tujuh mesin. Tentu, ini merupakan sebuah inovasi yang ditunggu-tunggu pecinta otomotif.

Mark Rushbrook sebagai kepala Ford Performance Motorsports menyatakan bahwa Mustang Mach-E 1400 adalah satu-satunya yang dibuat guna menunjukkan potensi semua kendaraan listrik. Selain itu, inovasi ini diharapkan dapat membantu para insinyur meneliti cara-cara baru untuk meningkatkan ke tahap lebih lanjut.

Sebelumnya, Ford akan menjual Ford Mustang Mach-E SUV pada awal tahun depan. SUV resmi milik Mach-E GT akan menghasilkan 459 tenaga kuda dari dua motor listrik. Pihak Ford Performance telah bekerja sama dengan RTR Vehicle untuk menciptakan Mach-E 1400. RTR sendiri adalah perusahaan milik Vaughn Gittin, Jr. yang berfokus pada suku cadang dan penyesuaian untuk mobil Ford.

“Membangun ide asli Vaughn tentang apa yang ingin dia lakukan untuk sebuah mobil drift elektrik dan mengubahnya menjadi atlet serba bisa yang ekstrim ini untuk melakukan kursus jalan dan balap drag, dan yang lainnya bersama-sama,” ujar Rushbrook.

Di samping itu, Ford juga membangun relasi dengan mitra luar seperti in-house Ford dan Team Edison untuk mengembangkan kendaraan listrik khususnya Mach-E 1400.

Selain tenaganya yang tangguh, mobil ini juga memiliki beberapa tipe rem. Diantaranya adalah rem regenertif yang dimiliki semua mobil listrik guna menghasilkan tenaga untuk isi ulang baterai sembari melambatkan laju mobil. Kemudian, mobil ini juga dibekali rem tangan hidrolik yang akan berfungsi untuk menghentikan roda belakang dari berputar dan trik.

Terbaru  Kia Siap Meluncurkan Seltos SUV Desain Mewah dan Mesin Turbo

Selain rem, teknologi pada sasis juga dinilai inovatif karena hampir keseluruhan komponen mekanik unik dan dirancang khusus. Dilihat, sebagian besar material yang digunakan adalah serat karbon. Untuk kap, produsen menggunakan serat komposit organik yang lebih murah dari serat karbon namun memiliki kelebihan yang serupa.

Mobil SUV ini memiliki baterai 57 kWh yang lebih kecil dibanding 76 kWh milik Mustang Mach-E. Baterai tersebut telah dirancang khusus untuk menghasilkan daya yang cepat hingga 1400 tenaga kuda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *