MotoGP Andalusia: Marc Mundur, Alex Marquez Crash, Mimpi Buruk Honda
MotoGP Andalusia: Marc Mundur, Alex Marquez Crash, Mimpi Buruk Honda

MotoGP Andalusia 2020: Marc Mundur, Alex Marquez Crash, Mimpi Buruk Honda

MotoGP Andalusia: Marc Mundur, Alex Marquez Crash, Mimpi Buruk Hond

Kemarin, sesi kualifikasi MotoGP Andalusia 2020 Q1 telah digelar dengan beberapa hasil yang mengejutkan. Quartararo tampil kembali sebagai pemenang meski Vinales menjadi yang tercepat namun harus tergesar karena melewati batas lintasan. Selain itu, Marc Marquez yang sebelumnya dinyatakan Honda akan kembali ke lintasan ternyata harus mundur.

Hal ini terjadi lantaran Marc Marquez tidak mampu menyelesaikan lintasannya pada sesi kualifikasi. Pebalap yang dijuluki The Baby Alien ini mengalami insiden crash pada perlombaan MotoGP Spanyol kemarin sehingga ia terjatuh dan terlempar setelah badannya terguling-guling. Setelah itu, dokter menyatakan bahwa ia mengalami patah tulang serius pada lengan kanan atas dan harus mendapatkan operasi segera.

Tentu, Marquez telah diprediksi tidak akan mengikuti balapan pada MotoGP Andalusia. Namun, juara dunia itu tiba-tiba kembali turun ke lintasan untuk menguji ketahanan tubuhnya.

Pada sesi kualifikasi kemarin, Marquez sempat keluar dari lintasan untuk kemudian kembali lagi ke pit. Pebalap asal Spanyol tersebut harus rela berada di posisi belakang karena tidak mencatat waktu. Pada akhir sesi kualifikasi, Marc Marquez diumumkan tidak akan mengikuti balapan MotoGP Andalusia 2020 Minggu besok.

Marc menjelaskan alasannya menarik diri dari balapan karena mengalami masalah pada lengan atasnya saat sesi kualifikasi. Dia mengaku tidak lagi kuasa membawa motornya melaju seperti biasa pada lintasan kualifikasi.

“Saya dan Honda sepakat untuk hal ini: Kami akan mencoba di hari Sabtu, saya selalu meminta itu dan mereka tak pernah memaksa saya. Setelah kami melakukan tes pagi tadi, saya merasa jika saya mampu buat balapan,” kata Marquez kepada DAZN.

“Saya melihat ini bisa berbahaya dan apabila sinyal bahaya datang di tengah-tengah, maka lebih baik untuk menghentikannya segera. Pada Q1 saat saya keluar, saya mengatakan kepada mereka apabila saya mengalami sensasi yang sama di tangan saya setelah keluar pit, maka saya tidak akan mencobanya lagi. Dari situ saya memutuskan buat berhenti,” tambah Marquez.

Terbaru  MotoGP Valensia 2020: Brad Binder Dapat Hukuman Karena Tabrak Miller

Tentu ini menjadi berita buruk bagi Repsol Honda meski sudah menjadi kesepakatan bersama. Di tambah lagi, satu-satunya pebalap yang diandalkan, Alex Marquez mengalami crash pada sesi kualifikasi. Pada tikungan ketujuh, Alex mengalami crash sehingga ia harus berada di posisi ke-11 yang membuatnya mendapatkan posisi ke-21 pada start perlombaan besok.

Alex yang sekaligus rekan kerja dan adik Marc Marquez itu harus membuang mimpinya untuk mendapatkan posisi pole pada MotoGP Andalusia nanti malam. Beruntung, Alex tidak mengalamai cedera yang parah sehingga dapat melanjutkan balapannya. Hal ini dikonfirmasi oleh tim Repsol Honda beberapa saat kemudian.

“Alex kembali ke box dan terhindar dari cedera. Pebalap baik-baik saja,” demikian pernyataan tim Repsol Honda. Alex juga mengungkapkan hal yang serupa bahwa ia tidak mendapatkan masalah yang serius pada lengan kanannya. Meski demikian, ia juga mengaku sempat kesakitan saat terjatuh namun itu adalah hal yang wajar ketika tangan terbentur ke lintasan.

Balapan utama MotoGP Andalusia 2020 akan diadakan pada hari Minggu, 26 Juli 2020 di sirkuit yang sama. Kini, Repsol Honda hanya bisa mengandalkan kemampuan tunggal Alex Marquez yang akan start pada posisi ke-21.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *